Komisi I DPRD Kota Solok Seleksi Unsur Pengarah BPBD Kota Solok

1
Salah satu peserta sedang dilakukan fit dan propert test oleh komisi I DPRD Kota Solok

Solok,(MC)- Komisi I DPRD Kota Solok kini menyeleksi unsur pengarah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok, yang akan memberikan masukan dalam penanganan bencana yang terjadi di wilayah Kota Solok.Anggota komisi I tersebut terdiri dari Martin Jofari,S.Sos sebagai koodinator Komisi I,Hj,Nurnisma,SH sebagai ketua Komisi I,Nasril In DT Malintang Sutan,SH sebagai Wakil ketua Komisi I,Amrinof Diaz DT Ula Gadang,SH sebagai sekretaris Komisi I dan Herdiyulis,SH,MH sebagai Anggota Komisi I.Fit dan Propertest unsur pengarah dari masyarakat pada BPBD Kota Solok dilaksanakan diruang rapat besar DPRD Kota Solok,Minggu (20/12).
Seleksi tahap akhir ini akan menetapkan empat orang dari delapan kandidat lainnya, yang akan dilantik sebagai unsur pengarah penanggulangan bencana, yang berada di bawah Badan Penanggulangan Bencana Daerah.
Hal ini dikarenakan unsur pengarah ini, sama halnya dengan dewan pertimbangan, atau pakar yang memberikan masukan kepada BPBD Kota Solok, untuk mengatasi bencana yang terjadi, baik pencegahan, kesiagaan, evakuasi, hingga rehabilitasi bencana tersebut.
Delapan kandidat ini, adalah Ivan Hidayat Putra dari Akademisi,Yusdavidson dari LSM,Roni D Daniel dari masyarakat profesional,Ramadhani Suci dari Akademisi,Sumi Harianto dari Wiraswasta,Roni Jefrinaldo dari LSM,Nanda Priatama dari Organisasi/LSM,Erik Heriko dari Wiraswasta , dimana fit and proper test ini dilaksanakan yang nantinya akan menetapkan empat orang sebagai yang terpilih sebagai unsur pengarah penanggulangan bencana.
Menurut Irvan Hidayat Putra, Komisi I mempertanyakan program yang dilakukan pada saat terjadi bencana di wilayah Kota Solok, mengingat Badan Penanggulanga Bencana Daerah ini menjadi koordinator untuk penanggulangan bencana. “Jadi mulai dari evakuasi, tanggap darurat hingga rehabilitasi pasca bencana akan dikoordinir BPBD Kota Solok,’’ jelas salah satu dosen AMIK Kosgoro Solok.
unsur pengarah ini memegang peranan penting untuk memberikan masukan ataupun pemikiran dalam proses penanggulangan bencana yang terjadi di wilayah Kota Solok, sehingga korban tidak terlalu menderita dan cepat mendapatkan penanganan. “Juga memikirkan upaya pencegahan dan kesiagaan terhadap bencana yang terjadi, khususnya banjir, longsor maupun kebakaran,’’ kata Irvan Hidayat Putra. Komisi I juga mempertanyakan visi misi masing-masing calon unsur pengarah BPBD ini, karena mereka diharapkan bisa memberikan bantuan pemikiran untuk menanggulangi bencana yang terjadi. “Kita sudah memaparkan visi misi, serta program penanggulangan bencana di wilayah Kota Solok,’’ ujarnya, usai fit and proper test sekitar 30 menit tersebut.(wahyu)

%d blogger menyukai ini: