Komunitas TBC-HIV Care Aisyiyah Coordination Meeting Bersama Kecamatan

Komunitas TBC-HIV Care Aisyiyah Coordination Meeting Bersama Kecamatan

Solok, (InfoPublikSolok) – Komunitas TBC-HIV Care Aisyiyah Kota Solok melaksanakan kegiatan “Coordination Meeting with Sub District for Active Case Finding Base on Contact Investigation” atau rapat koordinasi dengan Kecamatan untuk penemuan kasus TBC melalui investigasi kontak yang berlangsung pada hari Rabu (12/9) di dua tempat yaitu Kantor Camat Tanjung Harapan dan Kantor Camat Lubuk Sikarah.

Para Peserta yang terlibat pada kegiatan ini adalah Camat Tanjung Harapan Zulkarnaini AP, M.Si,  Camat Lubuk Sikarah Drs. Hendri, M. Si, Kasi Kesra, Sekretaris PD Aisyiyah Kota Solok Dra. Hj. Hamidayati, Kepala SSR TB-HIV Care Aisyiyah Kota Solok Ns. Hj. Murhayeni, S.Kep, Koordinator SSR TB-HIV Care Aisyiyah Kota Solok Afrilina Putri Nisal, SKM, Finance Admin SSR TB-HIV Care Aisyiyah Kota Solok Aulia Fitri, SE, Perwakilan Pemegang Program TB dari Puskesmas se Kota Solok Faul Rahman, Amd. Kep, serta Perwakilan Kader dari dua Kecamatan yaitu Yesi Deswita Yeni dan Aoliarti Yoe.

Adapun tujuan dari kegiatan ini ialah pertemuan kordinasi antara SSR dengan pihak Kecamatan dalam rangka memberikan informasi awal rencana investigasi kontak yang akan dilakukan oleh kader komunitas, selanjutnya SSR memberikan informasi  sumber daya (jumlah kasus, jumlah kader, PMO) yang ada di Kecamatan daerah intervensi investigasi kontak. Pihak SSR TB – HIV juga sharing informasi awal dari Kecamatan tentang kondisi area intervensi beserta  data-data pasien yang akan dikunjungi oleh kader dalam program investigasi kontak. Selanjutnya akan dilakukan pemetaaan awal kasus indeks untuk melakukan investigasi kontak

Zulkarnaini, AP, M.Si, selaku Camat Tanjung Harapan menyampaikan bahwa “Perlu dilakukan langkah simpatik dari kita agar dapat mengurangi TBC di Kota Solok, Karena masalah kesehatan ini menjadi perhatian kita bersama. Saat ini kami bersama pihak Kelurahan sudah  terbentuk Kelurahan anti narkoba dan hal ini juga berhubungan dengan penyakit TBC. Kita berharap koordinasi ini berlanjut sampai ke tingkat Kelurahan, RT/RW dan kami siap menfasilitasi kegiatan ini. Pak Camat menambahkan  Program ini mempunyai peluang besar untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah karena skop wilayah Kota Solok ini kecil, dan di Kecamatan Tanjung Harapan sendiri komunitas ini berpeluang untuk ikut bekerjasama dengan 69 RT melalui diskusi warga  melaksananakan kegiatan fisik dan non fisik seperti sosialisasi, pelatihan dll dengan menggunakan sumber dana BBGRM (Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat).

Selanjutnya ditambahkan oleh Camat Lubuk Sikarah, Drs. Hendri, M. Si, ” Kami sangat Mendukung Program SSR TB Care Aisyiyah Kota Solok untuk mencari dan mensosialisasikan kegiatan ini di acara yang di adakan oleh Kecamatan, Program ini perlu untuk disosialisasikan lebih gigih lagi agar masyarakat tahu tentang penyakit TBC ini bisa disembuhkan dengan makan obat secara teratur. Selanjutnya diharapkan kerjasama yang baik dan intens dengan Kecamatan agar penanggulangan penyakit ini dapat berjalan dengan baik dengan adanya sosialisasi juga dari Kecamatan untuk acara yang diadakan di wilayah Kecamatan.

Demikian program ini cukup bagus dan penting jika mendapatkan dukungan dari berbagai pihak sehingga upaya Pemerintah dalam pemberantasan dan Penanggulangan TB-HIV menjadi terbantu sehingga makin berkurang masyarakat yang terdampak penyakit ini. hal ini di petegas oleh  Faul Rahman, A.MD.Kep sebagai Pemegang Program TBC Puskesmas Tanah Garam, beliau menganggap melalui program TBC dari Puskesmas juga sangat terbantu dari program SSR TBC Aisyiyah untuk mendapatkan terduga TBC di seluruh Kelurahan Kota Solok. Target puskesmas Tanah Garam di tiga Kelurahan (Tanah garam, VI Suku dan Sinapa Piliang) yaitu 1360 suspek. Di tahun ini baru didapatkan sebanyak 217. Untuk target kasus TBC yaitu 139, di tahun ini ditemukan hanya 28 orang. (eg/bj)

Tags: , , , , ,