Kota Solok Berhasil Menyelenggarakan Pelayanan Pencatatan Kelahiran

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

SOLOK, – Dipenghujung tahun 2015, Kota Solok ternyata mampu juga menyabet prestasi dari pemerintah pusat tentang keberhasilan dalam penyelenggaraan pelayanan pencatatan kelahiran dengan melebihi target nasional.
Atas keberhasilan melebihi target nasinal dalam pencatatan kelahiran, Kota Solok mendapat penghargaan dari Kementerian dalam negeri yang diserahkan Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Nova Elfino di Jambi awal minggu lalu.
Berhasilnya Kota Solok memperoleh penghargaan dari Kementerian dalam negeri karena selama tahun 2015, pemerintah pusat menargetkan pencatatan kelahiran itu 75 %, namun bagi Kota Solok setelah dilakukan evaluasi mencapai 82,5 %, artinya melebihi target nasional, jelas Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kota Solok Nova Elfino Kamis Rabu lalu
Untuk Sumatera Barat, hanya 2 kota yang kebagian penghargaan dan melebihi target nasional, yakni Kota Padang Panjang dan Kota Solok, hanya 2 duta Sumbar dikancah nasional. Jika keseluruhan ada 4 yakni Sumatera dan Kalimantan. Selaku kota kecil yang mulai padat penduduk perlu disyukuri atas keberhasilan tersebut, apalagi dipenghujung tahun 2015 yang juga bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Kota Solok 16 Desember nanti, ini namanya kado ulang tahun dari Kementerian Dalam Negeri.
Kata Nova Elfino, terealisasinya pelaksanaan pencatatan kelahiran melebihi target nasinal juga didukung dengan kerjasama rumah sakit dan klinik bersalin dengan Pemda Kota Solok. Bulan April 2015 lalu, Walikota Solok bersama direktur rumah sakit umum dan klinik bersalin yang ada di Kota Solok membuat kesepakatan dan kerjasama dalam mengeluarkan akte pencatatan kelahiran.
Kerjasama itu sudah disosialisasikan dan direalisasikan oleh klnik bersalin dan rumah sakit umum Kota Solok, setiap ibu melahirkan sudah disediakan akte pencatatan kelahiran yang disediakan di rumah sakit dan rumah bersalin, perawat bersama ibu melhairkan bisa mengisi data yang disediakan untuk selanjutnya diserahkan pada Dinas Kependudukan Catatan Sipil.
Proses penerbitan akte kelahiran di rumah bersalin maupun rumah sakit sangat gampang dan bisa ditunggu beberapa menit karena pihanya sudah menyiapkan blangko isian dan tinggal mengisi oleh ibu melahirkan maupun pihak rumah sakit. Jadi urusannnya tidak merepotkan pasien maupun keluarga, terang Nova Elfino. (Alfian)

%d blogger menyukai ini: