Kota Solok Gelar Lomba Pengolahan Pangan Lokal

Kota Solok Gelar Lomba Pengolahan Pangan Lokal

 

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pangan Kota Solok melaksanakan Lomba Pengolahan Pangan Lokal yang diikuti oleh perwakilan Kelurahan se Kota Solok, bertempat di Aula SMKN 3 Kota Solok, Selasa (9/10).

Acara dibuka tersebut dibuka oleh Walikota Solok yang diwakili oleh Kepala Dinas Pangan Kota Solok Ir.Kusnadi, MM, dengan 3 orang Tim Juri Derry Suwasti dari Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat, Sil Azhra dari Dinas Pangan Kota Solok dan Munah Hermawati dari SMK N 3 Kota Solok.

Lomba yang diikuti oleh 26 orang peserta lomba tersebut, penilaian lombanya fokus pada pengolahan pangan lokal adalah kreasi masyarakat Kota Solok dengan mengunakan bahan non terigu dan non beras, seperti pisang dan talas.

Kepala Dinas Pangan Kota Solok mengatakan “ Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai olahan pangan lokal berbahan baku talas dan pisang di Kota Solok. Diharapkan dengan kegiatan ini lebih memacu kreatifitas masyarakat untuk menciptakan beragam olahan pangan, sehingga tercipta oleh-oleh khas dari Kota Solok,” harap Kusnadi.

Adapun kriteria penilaian lomba adalah penampilan 20%, keterampilan 15%, kreatifitas 25%, cita rasa 25% dan keamanan pangan 15%. Kelompok yang mendapatkan point tertinggi adalah pemenang sesuai urutan nilai yang didapat.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri Juara 1 diperoleh oleh Kelurahan Pasar Pandan Air Mati dengan hadiah Rp.2,5 jt, Juara 2 didapat oleh Kelurahan VI Suku dengan total hadiah Rp.2 jt dan Juara 3 diraih oleh Kelurahan Kampung Jawa dengan hadiah Rp.1,5 jt.

Untuk pemenang pertama akan mewakili Kota Solok untuk Lomba Pengolahan Pangan Lokal Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Darmasraya pada tanggal 6 s/d 8 November 2018 yang akan datang.

Kabid konsumsi, Penganekaragaman dan Keamanan Pangan Ir.Yubidarlis mengatakan “kegiatan ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk olahan pangan lokal dan mendorong dan meningkatkan kreativitas kelompok pengolah pangan lokal dalam menciptakan kreasi olahan pangan dari bahan baku talas dan  pisang yang siap untuk dipasarkan sebagai salah satu produk pangan menunjang pariwisata,” tuturnya. (ra)

Tags: , , , ,