Kota Solok Menuju Swastisaba Wistara 2015

Kota Solok Menuju Swastisaba Wistara 2015
Rapat Forum Kota Sehat awal persiapan Kota Solok menuju Swastisaba Wistara 2015

Kota Solok – Diawali dengan rapat forum kota sehat, Kamis (30/7), Kota Solok siap menuju Swastisaba Wistara 2015. Rapat yang diselenggarakan dengan kerjasama Dinas Kesehatan Kota bersama Forum Kota Sehat, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok Bapak dr. H. Junaidi, M.Kes dan Ketua Forum Kota Sehat Bapak Ilzan Sumarta, S.Pt, M.Si.

Swastisaba wistara merupakan penghargaan pemerintah pusat kepada kabupaten/kota yang berhasil menjadi daerah bersih, nyaman, aman dan sehat. Untuk Kota Solok, penilaian akan dilakukan oleh pemerintah pusat pada tanggal 31 Agustus – 4 September 2015.

Dalam penilaian yang dilakukan dua tahun sekali ini, pemerintah pusat mengkategorikan hasil penilaian ke dalam 3 tingkatan yaitu : swastisaba padapa (pemantapan), swastisaba wiwerda (pembinaan) dan swastisaba wistara (pengembangan).

Rapat forum kota sehat ini mendiskusikan enam tatanan yang akan dinilai nanti. Enam tatanan yang dimaksud adalah kawasan pemukiman sarana dan prasarana sehat, kawasan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata sehat, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, ketahanan pangan dan gizi serta terakhir kehidupan sosial yang sehat.

Terkait dengan indikator penilaian tersebut, terdapat beberapa titik di Kota Solok yang didiskusikan, antara lain tempat penampungan akhir (TPA), bak sampah, pasar, sungai, halte, obyek wisata, sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) dan hotel. Hal ini mengingat titik pantau ini menjadi penentu bagi Kota Solok untuk mendapatkan penghargaan Swastisaba Wistara 2015. (Nunung Dinkes)