Kota Solok Peringati Hari Anak Nasional (HAN)

Kota Solok Peringati Hari Anak Nasional (HAN)

Solok, (InfoPublikSolok) – Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2018 dimaknai sebagai kepedulian seluruh Bangsa Indonesia terhadap pemenuhan hak hak anak dan perlindungan terhadap anak Indonesia agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, sehingga akan menghasilkan generasi penerus Bangsa yang berkarakter.

Hari Anak Nasional (HAN) dilaksanakan setiap tanggal 23 Juli, pada Tahun 2018 ini peringatan HAN dipusatkan di Kota Surabaya dengan tema  Anak Indonesia GENIUS (Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat), untuk  selanjutnya Peringatan akan dilaksanakan secara berjenjang oleh masing-masing Provinsi dan Kabupaten/ Kota.

Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kota Solok Tahun 2018 dilaksanakan pada Hari Kamis, Tanggal 6 September 2018 di Gedung Kubuang Tigo Baleh. Dengan tujuan Menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media serta Pemerintah dalam menciptakan anak GENIUS dengan pola pengasuhan yang berkualitas  dari keluarga sebagai pengasuh utama dan pertama bagi anak.  memberikan pemenuhan hak hak anak dengan membangun komunikasi yang efektif antar anggota keluarga.  Pada dasarnya setiap anak unggul dan memiliki potensi untuk maju di semua bidang kehidupan baik ditingkat Lokal, Nasional dan Internasional. Namun ini semua tergantung dengan pola asuh keluarga, lingkungan tempat tinggal dan pola pendidikannya di sekolah.

Acara ini dibuka oleh  Wakil Walikota Solok Reinier, ST, MT didampingi DPRD, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Solok, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Barat serta Kepala OPD. Kegiatan ini dihadiri 400 undangan yang  terdiri dari  Ketua TP-PKK, Ketua P2TP2A, Ketua Organisasi Perempuan, Camat dan Lurah se- Kota Solok serta  para Guru dan ratusan Pelajar.

Dalam sambutannya  Wakil Walikota Solok menyampaikan Hari Anak Nasional merupakan Hari yang sepenuhnya menjadi milik anak Indonesia khususnya anak-anak Kota Solok, sehingga setiap anak memiliki kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri dalam berbagai kegiatan yang positif, sehingga ke depan Kota Solok memiliki sumber daya manusia yang handal.

Pada kesempatan ini kami juga berharap kepada  Kepala OPD dan pihak terkait  mari kita terus berkomitmen untuk membangun Kota Solok yang ramah anak dengan tetap mengupayakan Magrib Mengaji, Malam Iman dan Taqwa, informasi yang layak bagi anak, lingkungan Puskemas dan Sekolah yang ramah anak, kemudian mengaktifkan Forum Anak.

Program Inovasi Dinas PPPA berupa simbol pada rumah keluarga yang memiliki anak berusia 0-18 Tahun di Kelurahan Koto Panjang dengan slogan Bersama Lindungi Anak (BERLIAN). (as)

Tags: , , ,