Kota Solok Raih Juara I Lomba Cipta Menu Makanan Kudapan Anak Sekolah Tingkat Sumbar

Kota Solok Raih Juara I Lomba Cipta Menu Makanan Kudapan Anak Sekolah Tingkat Sumbar

Padang, (InfoPublikSolok) – Lomba Cipta Menu Makanan Kudapan Pemberian Makanan Tambahan kepada Anak Sekolah (PMT AS) bagi Kabupaten/ Kota se- Sumbar Tahun 2018 ini diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sumbar di Aula Diklat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Prov. Sumbar, Padang, Rabu (31/10).

Hasil penilaian tim juri memutuskan Kota Solok berhasil meraih Juara I, sedangkan Juara II diraih Kabupaten Tanah Datar, Juara III diraih Kota Payakumbuh, Harapan I Kota Padang dan selanjutnya Harapan II Kota Pariaman.

Peserta lomba berjumlah 95 orang berasal dari 19 Kabupaten/Kota yang terdiri dari unsur pejabat pemberdayaan masyarakat yang menaungi kegiatan PMT AS, unsur Tim Penggerak PKK kabupaten/kota dan unsur pelaksana PMT AS di sekolah. Sementara, Tim juri penilai lomba cipta menu kudapan bagi anak sekolah ini berasal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Universitas Negeri Padang, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan TP-PKK Provinsi Sumatera Barat.

Lomba ini bertujuan untuk memotivasi Tim koordinasi PMT AS dalam mengembangkan aneka ragam dan variasi jenis makanan kudapan PMT AS sesuai dengan potensi dan spesifik makanan daerah masing-masing.

“Kegiatan lomba cipta menu ini untuk mengembangkan kreatifitas ide-ide baru dari resep menu makanan sehari-hari dengan harapan sesuai dengan selera anak sekolah. Pemerintah Daerah sangat mendukung kegiatan penyediaan makanan tambahan anak sekolah dengan saling berkoordinasi sehingga tercapai sibergitas yang kuat di daerah,” ujar Ny. Nevi Irwan Prayitno, Ketua TP-PKK Sumbar ketika memberikan sambutan saat pembukaan lomba.

Kriteria lomba ini adalah menu makan tambahan untuk PMT AS terdiri dari 3 jenis, yaitu manis, gurih dan berkuah, jenis makanan berbeda bahan bakunya dengan memanfaatkan aneka bahan pangan lokal yang mudah didapat di daerah masing-masing, juga display untuk ditampilkan, bentuk makanan menarik mudah dibuat dengan prinsip beragam bergizi seimbang aman yang mengandung karbohidrat dan protein dan bahan utama makanan merupakan olahan sendiri.

Menanggapi prestasi yang dicapai oleh Tim Kota Solok ini, Ny. Zulmiyetti Zul Elfian berharap hasil lomba ini dapat direalisasikan di Kota Solok, sehingga PMT AS semakin menarik, enak dan disukai anak-anak. (mf)

Tags: , , , , ,