Kota Solok adakan Rakor Harga Sembako

Kota Solok adakan Rakor Harga Sembako

sembako

Solok, (MC Kota Solok) – Informasi harga pangan tingkat produsen dan konsumen di Pasar Raya Solok untuk minggu II bulan Juni 2015, menjadi bahasan pada Rapat Koordinasi Harga Pangan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Solok, melalui kantor Ketahanan Pangan, Selasa (16/06). Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kota Solok, Ir. H. Ikhwan Marosa menyampaikan bahwa pemantauan harga pangan tersebut dilakukan dua kali dalam seminggu, yaitu pada hari Selasa dan Jum’at yang merupakan hari Balai (hari Pasar) Kota Solok. Beliau menyampaikan bahwa peningkatan harga bukan dikarenakan kurangnya pasokan, melainkan dipengaruhi oleh pemasok luar, mengingat Kota solok bukan sentra produksi pangan (kecuali beras -red).

Menjelang Ramadhan 1436 H yang tinggal dua hari lagi, Kantor Ketahanan Pangan berusaha menjalankan amanat UU no 18 tahun 2012 tentang Pangan. Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kota Solok menjelaskan bahwa amanat tersebut terkait dengan ketahanan pangan, kemandirian pangan, kedaulatan pangan dan juga mencakup keamanan pangan. Pemerintah Kota Solok, melalui Kantor Ketahanan Pangan, menjalankan amanat tersebut melalui tahapan pencerdasan konsumen dan tahap peringatan produsen.

Rapat Koordinasi Harga Pangan yang turut dihadiri oleh peserta dari Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Bagian Humas, Satpol-PP, dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Kota Solok serta Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Solok, berujung pada kesimpulan akan dilakukannya uji lab terhadap sampel pangan yang beredar di Pasar Raya Solok. Hal ini penting dari pembelajaran Ramadhan tahun lalu, ditemukannya bahan pengawet pada jenis pangan rumput laut yang laris untuk pabukoan. Peserta dari Dinas Kesehatan Kota Solok mengusulkan uji lab pada pangan jenis Cabai Giling juga dilakukan. Uji lab dilakukan dengan parameter formalin, borak dan/atau natrium benzoat, mikroba serta pewarna buatan.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan juga menginformasikan bahwa ketersediaan pangan mencukupi dan aman untuk Kota Solok dan sekitarnya. Beliau meminta media massa menginformasikan ini dan menghimbau masyarakat agar cerdas selaku konsumen dalam memilih pangan yang sehat, segar, aman dikonsumsi, terutama selama bulan Ramadhan tahun ini. Beliau juga berharap kerjasama dari Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Solok berupa penyediaan fasilitas informasi harga pangan yang selalu update dua kali seminggu pada laman  infopublik.solokkota.go.id, tentunya bersama instansi terkait, semisal Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan Kota Solok. (dhani).

Tags: , , , , ,