Kota Solok Siap Sambut Peda 2019 dan Penas Tani Tahun 2020

Kota Solok Siap Sambut Peda 2019 dan Penas Tani Tahun 2020

Solok, (InfoPublikSolok) – Pekan Nasional Tani (Penas Tani) Tahun 2020 diselenggarakan di Provinsi Sumatera Barat. Dalam Penas Tani nantinya akan berkumpul sekitar 15.000 petani dari seluruh Indonesia. Mereka akan berbagi informasi, pengalaman dan keterampilan dalam usaha tani.

Walaupun Kota Padang sebagai penyelenggara utama, Kota Solok dengan jarak tempuh kurang dari dua jam sangat mungkin dikunjungi oleh peserta Penas Tani tersebut. Untuk itu diperlukan persiapan, salah satu unggulan yang akan ditampilkan adalah Agrowisata Sawah Solok di Kelurahan IX Korong dan Agrowisata Kampung Durian di Kelurahan Tanjung Paku.

Salah satu yang dilakukan dalam rangka persiapan adalah koordinasi dengan pihak terkait dan monitoring pada dua destinasi agrowisata tersebut. Sebelumnya dilakukan Rapat Koordinasi yang bertempat di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat di Sukarami dan dilanjutkan monitoring ke Agrowisata Sawah Solok dan Agrowisata Kampung Durian, Jumat (2/11).

Rapat koordinasi dan monitoring diikuti oleh Kepala BPTP Sumatera Barat, Dr. Drs. Jevky Hendra, M.Si, Kepala Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Dr. Ir. Ellina Mansyah, MP, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura Provinsi Sumatera Barat, Ir. Candra, M.Si dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang, Dr. Ir. Munzir Busniah, M.Si, para peneliti dari BPTP dan Balitbu dan didampingi langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ir. Ikhvan Marosa, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Perkebunan, Ir. Yurmiati, MM dan Kepala Bidang Penyuluhan, Ir. Zeldi Efiza.

Sementara itu, untuk menyambut event Pekan Daerah (Peda) Provinsi Sumatera Barat, rencananya akan diadakan beberapa kegiatan, diantaranya festival durian. Dalam monitoringnya ke Sawah Solok, tim menyambut baik perkembangan Agrowisata Sawah Solok dan menyarankan agar promosi agrowisata ditingkatkan, baik melalui media sosial maupun media lainnya agar destinasi ini cepat terkenal.

Sedangkan dalam kunjungannya ke Lokasi Agrowisata Kampung Durian, petani menginginkan Bimbingan Teknis Perawatan Tanaman Durian sekaligus penyediaan bibit durian untuk penyisipan. Di tempat ini tim menyarankan agar petani serius memelihara tanaman durian agar Tanjung Paku benar-benar menjadi kampung durian yang banyak dikunjungi wisatawan. Jika berhasil, tim juga mengusahakan peresmiannya dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat dan Panen Perdana oleh Presiden Republik Indonesia. (fa)

Tags: , , , , , ,