Kota Solok Terapkan Aplikasi SiMONEV Dalam Pengendalian RKPD

Kota Solok Terapkan Aplikasi SiMONEV Dalam Pengendalian RKPD

Solok, (InfopublikSolok) – Walikota Solok yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang  Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Susweni, SH membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengendalian dan Evaluasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Renca Kerja (Renja) OPD Berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 melalui Aplikasi SiMONEV di Aula Bappeda Kota Solok, Rabu (19/9).

Pembukaan Bimtek ini juga dihadiri oleh para Kepala Perangkat Daerah, Tim dari Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah (Ditjen Bangda) Kemendagri serta Tim IT dari PT. Global Intermedia Yogyakarta sebagai pengembang dari aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Kinerja (SiMONEV) Kota Solok yang diampu oleh Bappeda Kota Solok.

Dalam sambutannya, Susweni menyampaikan harapan yang besar dengan diimplementasikannya aplikasi SiMONEV berbasis web ini dapat meningkatkan keakuratan, konsistensi serta efektifitas pengendalian dan evaluasi RKPD yang selama ini dilakukan secara manual.

“Perlu komitmen dan keseriusan dari seluruh Perangkat Daerah untuk dapat menyukseskan implementasi aplikasi ini. Sehingga dari sini kita bisa menjadikan data evaluasi ini bisa didapatkan secara cepat dan tepat,” pungkasnya.

Sementara dari Ditjen Bangda yang diwakili oleh Kepala Seksi Perencanaan dan Evaluasi Wilayah Ini, Ikha Purnamasari, ST menyampaikan materi tentang Perencanaan Pembangunan serta Pengendalian dan  Evaluasi.

Ikha menegaskan kembali terkait proses bisnis perencanaan dan penganggaran hingga bagaimana pengendalian dan evaluasinya. “Penting untuk diperhatikan, perencanaan dan pengendalian di daerah harus mengacu pada target nasional yang ada dalam RPJMN serta regulasi yang telah ada,” ingatnya.

Terkait aplikasi SiMONEV, mewakili Tim Pengembang aplikasi, Eko Sutrisno memberikan gambaran awal terkait aplikasi SiMONEV. “Kami sudah mendesain aplikasi ini untuk bisa digunakan semudah mungkin (user friendly). Pemerintah Kota Solok dalam hal ini adalah Perangkat Daerah, tinggal mengisi data terkait realisasi fisik, maka secara otomatis aplikasi akan mengolah,” terangnya.

“Kemudian, data realisasi keuangan akan secara otomatis terintegrasi dengan SIMDA Keuangan yang digunakan Badan Keuangan Daerah,” tambahnya.

Sementara itu, Trisna Maizora, SE, MM selaku Plt. Sekretaris Bappeda Kota Solok serta Panitia Pelaksana menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran dari Ditjen Bangda, Tim IT serta seluruh Kepala OPD serta jajarannya yang hadir. Bimtek yang akan dilaksanakan tanggal 19-21 September 2018 ini akan diikuti secara lebih mendalam terkait teknis bersama para Kepala Subbag Program, Kepala Tata Usaha serta Operator aplikasi dari seluruh OPD di Lingkungan Pemko Solok. (td)

Tags: , , , , ,