Kota Solok Terus Sosialisasikan Pola Tanam Sistim Jajar Legowo

legowo 1

Solok, (MC Kota Solok) –Ketua DPRD Kota Solok,Yutris Can,SE, memberi respon positif penanaman padi sistem tanam sabatang dan jajar legowo yang dinilai mampu meningkatkan hasil panen mencapai dua ton per hektare. Respon positif Ketua DPRD Kota Solok tersebut dikatakan di sela – sela melakukan peresmian Kantor Lurah Sinapa Piliang yang baru, dalam kesempatan itu Ketua DPRD Kota Solok menyempatkan diri guna melihat langsung sistem pola tanam jajar legowo tersebut, kamis (17/12) di Depan Kantor DPD Golkar kelurahan Sinapa Piliang Kota Solok. Peninjauan tersebut di dampingi oleh Danramil 0309-01/Kubung Kapten Inf Tarmizi dan Kajari Solok, Yulefdi, serta di dampingi oleh Kepala Dinas Pertanian,Perikanan dan Kehutanan Kota Solok,Jefrizal,Spt,MT.
Kepala Dinas Pertanian,Perikanan dan Kehutanan Kota Solok,Jefrizal,Spt,MT menjelaskan, Salah satu teknologi tanam yang kerap digunakan petani padi adalah sistem tanam jajar legowo. Sistem tanam ini merupakan cara tanam padi di sawah dengan pola beberapa barisan tanaman, yang diselingi satu barisan kosong. Maksudnya tanaman yang seharusnya ditanam pada barisan yang kosong, dipindahkan sebagai tanaman sisipan di dalam barisan.
Dinilai efektif sebagai metode penanaman padi, sistem tanam jajar legowo ini kemudian dikembangkan demi mendapatkan hasil panen yang lebih tinggi, Selain itu juga, metode ini mempermudah ketika proses pengendalian hama, penyakit, gulma, dan pada saat pemupukan.
Disamping itu, cara tanam ini memiliki keunggulan yakni mampu meningkatkan populasi tanaman per satuan luas, sehingga berpeluang meningkatkan produksi, mudah dalam pengelolaan tanaman seperti pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, kemudian memudahkan pergerakan petani di lapangan karena adanya ruang kosong, dan estetika pertanaman menarik.
legowo

Danramil 0309-01/Kubung Kapten Inf Tarmizi,mengatakan,untuk meningkatkan swasembada pangan nasional TNI bersama masyarakat tani melakukan kegiatan pendampingan serta membantu penanaman padi jajar legowo (jarwo) di lahan sawah. Pendampingan TNI kepada petani dalam rangka percepatan program swasembada pangan nasional.”Tujuannya, agar panen yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.
Kegiatan pendampingan terhadap petani merupakan perintah Komandan Kodim (Dandim) 0309 Solok Letkol Inf Syafta Feryansyah, SIP,yang meminta kepada jajaran Koramil hingga para Babinsa untuk membantu serta melakukan pendampingan kepada petani.ungkap Danramil Kubung.(wahyu)

%d blogger menyukai ini: