KPU Fasilitasi Pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 1 Solok

KPU Fasilitasi Pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 1 Solok

Solok, (InfoPublikSolok) –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok kembali memfasilitasi penyelenggaraan Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) SMA Negeri 1 Kota Solok. Sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok tetap melaksanakan Pendidikan Pemilih kepada siswa dan siswi SMA  Negeri 1 Kota Solok.

Bertempat di Halaman SMA  Negeri 1 Kota Solok, Sabtu 06 Oktober 2018 Ketua KPU Kota Solok Asraf Danil H sebagai narasumber guna memberikan pendidikan pemilih secara langsung kepada para pemilih pemula dalam rangka Pemilihan Ketua Osis periode 2018-2019, dalam arahannya Asraf menyampaikan bahwa Pemilihan Ketua Osis merupakan sarana demokrasi untuk memilih pemimpin secara luber (Langsung, umum bebas dan rahasia) dengan harapan Pelaksanaan Pemilos menjadi wahana belajar berdemokrasi bagi siswa-siswi SMA  Negeri 1 Kota Solok yang tidak lama lagi juga akan menjadi pemilih pemula dalam pemilu 2019 nantinya.

“Dengan diperkenalkan bagaimana pelaksanaan pemilihan umum yang dipraktikkan dalam pemilihan ketua OSIS, maka siswa akan bisa lebih memahami teknik-teknik pelaksanaan tahapan Pemilu, para siswa dapat belajar berdemokrasi  mulai dari sekolah sehingga pada pemilu 2019 nantinya para siswa dan siswi yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih tidak ragu lagi dalam menggunakan hak pilihnya” ujar Asraf.

Dalam arahannya Plt. Kepala SMA Negeri 1, “Mengharapkan kepada seluruh siswa ikut berpartisipasi pada kegiatan Pemilihan Ketua Osis di sekolah dan berharap ketua osis terpilih nanti akan mampu menjalankan roda organisasi dengan baik, menjadi motor penggerak untuk peningkatan prestasi siswa baik akademik maupun non akademik,” jelas Ujang Sayuti.

Jonnedi memaparkan, “Bagaimana tata cara pemungutan suara, mengajak para pemilih untuk melakukan rekam jejak calon dan memastikan kembali apakah para siswa tersebut dan keluarganya sudah terdaftar sebagai pemilih di www.sidalih3.kpu.go.id atau Daftar Pemilih Tetap. Bagi siswa dan keluarganya yang tidak terdaftar harap segera menghubungi PPS di Kelurahan masing-masing atau KPU Kota Solok,” terang Koordinator Divisi Program dan Data KPU Kota Solok.

Sebanyak 1307 siswa-siswi SMA Negeri 1 Kota Solok dengan antusias memberikan suara di bilik suara untuk memilih Ketua Osis. Berikut hasil perolehan Suara dari masing- masing pasangan calon; Pasangan Nomor Urut (1). Ibrahagi Rahmadhano dan Riski Anugrah memperoleh suara sebanyak 311 suara; Pasangan Nomor Urut (2) Albaihaqi Bagaskara dan Hagif Depitra memperoleh suara sebanyak 846 suara, suara tidak sah 240 suara. Dengan demikian maka Ketua osis SMA Negeri 1 Kota Solok terpilih periode 2018-2019 adalah Albaihaqi Bagaskara dan Hagif Depitra, harapan kita kepada ketua terpilih akan mampu menjalankan tugas dan kewajiban sebagai siswa dan Ketua Osis dengan baik. (ys)

Tags: , , , ,