KPU Kota Solok Gelar Kursus Kepemiluan

KPU Kota Solok Gelar Kursus Kepemiluan

Solok, (InfoPublikSolok) – Guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok mengadakan Kursus Kepemiluan, bertempat di lokasi Agrowisata Sawah Solok, Selasa (6/11).

Kegiatan ini turut dihadiri seluruh komisoner KPU Kota Solok, jajaran sekretariat serta 20 orang peserta Kursus dengan latar pendidikan dan pekerjaan yang berbeda. Kursus kepemiluan merupakan bagian dari kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih yang dikemas dalam bentuk ceramah, diskusi dan tanya jawab. Kursus Kepemiluan kali ini merupakan kegiatan gelombang ketiga yang diselenggarakan KPU Kota Solok.

Ketua KPU Kota Solok Asraf Danil H, S.Sos. MM dalam sambutannya mengajak peserta untuk memaknai semboyan ‘Pemilih Berdaulat Negara Kuat’. Agar peserta memahami hubungan kepemiluan dengan demokrasi, kedaulatan rakyat sebagai pemegang kekuatan tertinggi mencerminkan bahwa negara Indonesia merupakan negara demokratis. Dengan pemilu rakyat menyerahkan kedaulatannya kepada wakil rakyat baik di legislatif dan eksekutif.

Koordinator divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Solok, Ir. Arif Santosa, dalam materinya menjelaskan lembaga penyelenggara Pemilihan Umum di Indonesia yang sifatnya hirarkis dari pusat sampai ke daerah yaitu KPU RI untuk Pusat dengan 7 orang anggota, KPU Provinsi ditingkat provinsi dengan 5 orang anggota serta KPU Kabupaten/Kota di tingkat Kabupaten/Kota dengan 5 orang anggota.

Pada kesempatan itu juga dijelaskan tentang Pemilu, manfaat pemilu, sistem pemilu, sejarah pemilu, Pemilih pemula, syarat-syarat menjadi pemilih serta peran masyarakat dalam meningkatkan partisipasi pada pemilu mendatang.

Ilham Eka Putra SE, MM Koordinator Divisi Teknis menyampaikan pada pemilu Tahun 2019 akan menggunakan Lima surat suara, yaitu Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Daerah(DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dengan istilah “Pemilu Lima Kotak”, Ilham berharap kepada seluruh peserta Kursus dapat menyampaikan informasi ini kepada lapisan masyarakat dan mengajak tetangga dilingkungan masing-masing untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Kemudian, Koordinator Divisi Hukum Susi Kartika Wati, SH menghimbau kepada semua peserta dan suluruh unsur yang telibat dalam pemilihan umum serentak tahun 2019 agar selalu bekerja sesuai koridor hukum dan peraturan perundang-undangan sehingga pemilu itu dapat menghasilkan pemilu yang berkualitas sehingga lahir pemimpin yang berkualitas.

Dalam kesempatan tersebut Koordinator Divisi Perencanaan dan Data Jonnedi, SE, MM mengajak peserta Kursus terlibat dalam proses Demokrasi yang sedang berjalan termasuk juga dalam Tahapan Pemilu 2019. Seiring dengan tahapan yang berjalan KPU saat ini serius dalam Pemutahiran data Pemilih Hak Konstitusional warga negara sebagai pemilih agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya ungkapnya. (ys)

 

Tags: , , , , , ,