KPU Kota Solok Gelar Sosialisasi Tahapan Pencalonan DPRD

KPU Kota Solok Gelar Sosialisasi Tahapan Pencalonan DPRD

Solok, (InfoPublikSolok) – KPU Kota Solok menggelar acara sosialisasi tahapan pencalonan anggota DPRD Kota Solok Pemilu 2019 dan berbuka puasa bersama, di halaman Kantor KPU Kota Solok Jln. Tembok Raya Kel. Nan Balimo-Kota Solok, Sabtu (02/06). Acara di hadiri oleh Walikota Solok, Kepala OPD terkait, KPU beserta jajaran Sekretariat KPU Kota Solok, Panwaslu Kota Solok, Pimpinan partai politik Tingkat Kota Solok (Ketua, Sekretaris dan Bendahara), PPK, PPS, Sekretariat PPK dan PPS, Tokoh Masyarakat, Wartawan media cetak maupun elektronik, serta undangan lainnya.

Acara ini diawali dengan eskpose tahapan pencalonan anggota DPRD Kota Solok Pemilu tahun 2019 oleh Div. Teknis KPU Kota Solok Asraf Danil Handhika.

Dalam paparannya, Asraf Danil Handhika menyatakan bahwa, “hari ini sudah tanggal 2 Juni 2018, dimana dalam jadwal tahapan direncanakan tanggal 4 Juni 2018 pimpinan partai politik melalui operator yang ditugaskan oleh partai politik telah dapat mulai mengakses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang telah disiapkan oleh KPU RI”, ungkapnya.

Lebih lanjut Asraf Danil Handhika mengatakan, “proses pendaftaran DPRD Kota Solok Pemilu 2019 wajib menggunakan Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Untuk itu partai politik pada tanggal 4 Juni 2018 diharapkan sudah memberikan username dan password kepada KPU Kota Solok untuk diaktifasi kedalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon) masing-masing partai politik”, lanjutnya.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kota Solok menyatakan bahwa Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang digunakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok dalam proses tahapan pencalonan Anggota DPRD Kota Solok pada Pemilu 2019 adalah salah satu cara kerja transparan KPU Kota Solok sebagai penyelenggara pemilu. Penggunaan Silon akan membantu mewujudkan prinsip keterbukaan dan akuntabilitas penyelenggaraan Pemilu, sebagaimana diatur dalam Pasal 3 huruf f dan huruf l pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. “Alhamdulillah dalam suasana bulan Ramadhan ini kita masih dapat melaksanakan amanah tahapan Pemilu 2019 sesuai dengan jadwal, mudah-mudahan akan menjadi ladang ibadah bagi kita bersama” ujar Budi.

Walikota Solok Zul Elfian menyambut baik acara yang diselenggarakan hari ini oleh KPU Kota Solok, “semoga kegiatan sosialisasi pencalonan anggota DPRD Kota Solok Pemilu 2019 ini akan menjadi bagian yang sangat penting bagi seluruh partai politik peserta Pemilu 2019 untuk menyiapkan kader-kader nya sebagai calon pemimpin di DPRD Kota Solok perode 2019-2024 mendatang” ungkapZul Elfian.

Acara Sosialisasi juga diisi dengan tausiyah oleh Ustad Maqomam Mahmuda (Div. Program dan Data KPU Kota Solok) dengan tema memilih pemimpin masa depan dan acara diakhiri dengan berbuka puasa bersama. (ys).

Tags: , , , , ,