KPU Kota Solok “Goes to School”

KPU Kota Solok “Goes to School”

Solok, (InfoPublikSolok) –  KPU Kota Solok melaksanakan kegiatan “KPU Kota Solok Goes to School” di SMA N 2 Kota Solok, Jum’at (11/5). Hadir dalam acara ini Ketua, Anggota dan Sekretariat KPU Kota Solok, Kepala Sekolah SMAN 2 Kota Solok beserta seluruh majelis guru dan siswa. Dalam pembukaan acara Kepala Sekolah SMA N 2 Kota Solok Nurbaiti menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan hari ini. Kegiatan ini penting untuk siswa SMA N 2 Kota Solok dalam menambah ilmu dan wawasan tentang kepemiluan.

Ketua KPU Kota Solok Budi Santosa dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan “KPU Kota Solok Goes to School” ini adalah bagian dari pendidikan pemilih, yang merupakan elemen penting dalam demokrasi. Pemilih  yang  rasional  menjadi ukuran bagi kualitas demokrasi di suatu negara.

Indikasinya pemilih dalam menentukan pilihan politik tidak lagi berorientasi pada kepentingan politik jangka pendek seperti uang,  kekuasaan dan kompensasi politik yang bersifat individual. Justru pilihan politik diberikan kepada partai politik atau kandidat yang memiliki kompetensi dan integritas untuk mengelola pemerintahan, karena tujuan akhir dari demokrasi adalah kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Acara selanjutnya dipandu oleh seluruh anggota KPU Kota Solok dengan metode “tanya jawab tentang Pemilu 2019” melalui diskusi dengan materi : a. Pengertian pemilu; b. Prinsip-prinsip pemilu jujur dan adil (free and fair); c. Sistem pemilu; d.  Kelembagaan pemilu dan fungsinya ; e.  Tahapan pemilu; f.  Mengefektifkan pemilu sebagai kedaulatan rakyat; dan pembagian doorprize bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar.

Materi tersebut disampaikan oleh anggota KPU Kota Solok Asraf Danil Handhika, Ilham Eka Putra, Jonnedi dan Maqomam Mahmuda. Dengan penuh semangat pemateri dan seluruh peserta sebanyak 600 orang, berdiskusi dan tanya jawab seputar kepemiluan. Diskusi yang berkembang dalam acara ini tentang data pemilih, pembentukan pantarlih, sistem pencalonan, pembentukan badan penyelenggara adhoc (PPK, PPS dan KPPS),  kampanye, pelanggaran pemilu dan sengketa hasil pemilu serta money politik dalam Pemilu. Pemateri menjelaskan dari seluruh point-point diskusi tersebut.

Pada hari berikutnya dilanjutkan di SMA N 1 Kota Solok, Senin (14/5), hadir Ketua, Anggota dan Sekretariat KPU Kota Solok, Kepala Sekolah SMA N 1 Kota Solok beserta seluruh majelis guru dan siswa.

Dalam pembukaan acara Kepala Sekolah SMA N 1 Kota Solok Delfion yang diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan Ujang Sayuti mengucapkan terima kasih kepada KPU Kota Solok atas pelaksanaan kegiatan “KPU Kota Solok Goes to School”. Kegiatan ini penting untuk siswa-siswi SMA N 1 Kota Solok khususnya pemilih pemula untuk tahu lebih dalam tentang kepemiluan.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kota Solok Budi Santosa menegaskan kepada siswa-siswi SMA N 1 sebagai calon pemimpin dimasa depan agar Pelajar SMA sebagai pemilih pemula harus menjadi pemilih yang  rasional,  bagi kualitas demokrasi di negara ini dengan tidak terlibat politik uang, rekam jejak calon, serta tidak golput.

Acara yang dipandu oleh Budi Santosa, Asraf DH, dan Jonnedi, Komisioner KPU Kota Solok berlangsung ringan dan santaidengan metode “tanya jawab tentang Pemilu 2019” melalui diskusi dengan materi : a. Pengertian pemilu; b. Prinsip-prinsip pemilu jujur dan adil (free and fair); c. Sistem pemilu; d.  Kelembagaan pemilu dan fungsinya ; e.  Tahapan pemilu; f.  Mengefektifkan pemilu sebagai kedaulatan rakyat;

Sejak acara dimulai para siswa-siswi mengikuti dengan semangat, mereka bergantian menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Komisioner KPU Kota Solok dan bagi mereka yang menjawab pertanyaan dengan benar maka KPU Kota Solok akan memberikan hadiah seperti Baju Kaos, Flashdisk, Topi, Gelas, Mug dan Pena.(ys).

Tags: , ,