KPU Laksanakan Uji Publik Dapil DPRD Kota Solok Pemilu 2019

KPU Laksanakan Uji Publik Dapil DPRD Kota Solok Pemilu 2019

Solok, (InfoPublikSolok) – KPU Kota Solok laksanakan kegiatan “Uji Publik Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPRD Kota Solok Pemilu 2019” di Ruang Pertemuan D’Relazion Restaurant Lantai 2Jln Dr. Hamka No. 9 Lukah Pandan-Kota Solok, Sabtu (10/02/18).

Hadir dalam acara ini Pimpinan Partai Politik tingkat Kota Solok, Ketua, Anggota dan Sekretariat KPU Kota Solok, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Solok, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Solok, Ketua KAN, LKAAM, Bundo Kanduang, Panwaslu Kota Solok serta undangan lainnya.

Dalam pembukaan acara Ketua KPU Kota Solok Budi Santosa menyatakan “bahwa acara hari ini adalah bagian dari tahapan, program dan jadwal penyelenggaran Pemilu 2019 dimana setiap daerah di wilayah Kab./Kota di Indonesia melakukan penataan dan penyusunan Daerah Pemilihan untuk Pemilu 2019, karena ini adalah bagian awal peta konstelasi politik sebagai persiapan bagi peserta pemilu dalam hal ini partai politik untuk menyiapkan kader-kadernya yang akan diajukan sebagai bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kab./Kota dari masing-masing daerah pemilihan.”

Divisi Teknis KPU Kota Solok Asraf Danil Handhika memandu kegiatan uji publik dengan memberikan kesempatan kepada masing-masing pimpinan partai politik untuk memberikan tanggapan/saran dan masukan terhadap buku rancangan/usulan daerah pemilihan dan alokasi kursi per daerah pemilihan DPRD Kota Solok Pemilu 2019 yang telah disusun oleh KPU Kota Solok.

Penyusunan usulan daerah pemilihan dan alokasi kursi per daerah pemilihan DPRD Kota Solok Pemilu 2019 ini didasarkan pada 7 prinsip: (1) Kesetaraan nilai suara, (2) Ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, (3) Proporsionalitas, (4) Integritas wilayah, (5) Berada dalam cakupan wilayah yang sama (Coterminous), (6) Kohesivitas dan (7) Kesinambungan.

Hasil uji publik usulan daerah pemilihan dan alokasi kursi per daerah pemilihan DPRD Kota Solok Pemilu 2019 ini, sesuai dengan tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2019 akan disampaikan ke KPU Prov. Sumatera Barat dan selanjutnya diajukan untuk ditetapkan oleh KPU RI. (ys).

 

Tags: , , ,