KPUD: Jalur Independen Tidak Jadi Lirikan Balon Walikota Solok

KPUD: Jalur Independen Tidak Jadi Lirikan Balon Walikota Solok

 

Sumber: http://cdn.sindonews.net/

Sumber gambar: http://cdn.sindonews.net/

Solok, (MC Kota Solok) – Sejak dibukanya pendaftaran bagi para bakal calon (balon) Walikota dan Wakil Walikota Solok oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Solok, dari jalur indenpenden, sampai sekarang, Senin (15/6), belum satupun pasangan bakal calon yang mendaftarkan diri. Sesuai tahapan pemilihan kepala daerah, yang akan dilaksanakan secara serentak, KPUD Kota Solok telah membuka pendaftaran sejak hari Kamis (11/6) sampai dengan hari Senin (15/6).

“Sampai saat ini belum ada bakal calon perseorangan yang datang mendaftar atau menyerahkan formulir pendaftarannya. Sesuai tahapan pilkada, tidak ada penambahan waktu pendaftaran. Sudah dapat dipastikan bahwa semua kandidat balon nanti akan melaju ke kancah pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah melalui jalur partai politik atau gabungan partai politik”, ujar anggota KPUD Kota Solok, Divisi Teknis, Asraf Danil Handika, di kantor KPUD setempat, Senin (15/6).

Untuk tahapan selanjutnya, KPU Kota Solok telah mempersiapkan pendaftaran bakal calon yang maju dengan mempergunakan partai politik. Sesuai tahapan pendaftaran bakal calon tersebut, pendaftaran akan dibuka selama tiga hari, yakni mulai 26 Juli 2015 sampai dengan 28 Juli 2015 nanti.

Lebih jauh beliau mengatakan bahwa menurut hematnya, persyaratan untuk maju melalui  jalur independen tidaklah terlalu berat jika dibandingkan dengan menggunakan partai politik. Pasangan calon independen atau perseorangan  hanya perlu mencari dukungan  paling sedikit enam ribu dukungan dari pendukung yang memenuhi syarat sebagai pemilih, dan dukungan tersebut cukup dibuktikan dengan pengisian formulir surat dukungan yang ditandatangani diatas meterai tempel Rp.6.000 dan melampirkan fotokopi KTP pendukung. Namun sangat disayangkan sekali tidak satupun bakal calon yang mendaftar atau berminat maju melalui jalur independen atau perorangan, katanya.

Ia menambahkan, KPUD Kota Solok telah memberikan informasi kepada bakal calon atau kepada partai politik, tentang persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftarkan balon jalur partai politik ke KPUD Kota Solok. (gia)

Tags: , , , ,