Kwarran Lubuk Sikarah Gelar Lomba Tingkat II Gudep Pramuka Penggalang

Kwarran Lubuk Sikarah Gelar Lomba Tingkat II Gudep Pramuka Penggalang

Solok, (InfoPublikSolok) – Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Lubuak Sikarah Kota Solok mengadakan ‎Perkemahan Lomba Tingkat II (LT II) bagi anggota Pramuka Penggalang dari berbagai Gugus Depan (Gudep) yang berpangkalan di SD/MI Kecamatan Lubuk Sikarah di Bumi Perkemahan Taman Pramuka Ampang Kualo, yang berlangsung dari tanggal 2 s/d 4 November 2018.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Sekretaris Kwartir Cabang Kota Solok, Kak ‎Anasrul, SH, menurut rencana kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Ka. Kwarcab Kak Reinier, ST. MM, namun kebetulan pada saat bersamaan Wawako berhalangan karena ada kegiatan di tempat berbeda. Hadir pada upacara pembukaan Ka. Mabiran, Kak Drs. Hendri, M.Si, Ketua Kwarran Lubuk Sikarah, Kak Drs. Indra Febrianto dan juga Ka. Mabigus, Pembina pendamping serta pengurus Kwarran yang juga sebagai panitia kegiatan.

Sekretaris Kwarcab Kota Solok, merasa bangga, kepada para peserta dan pembina pendamping, meski sedang musim hujan, tampak semangat para Pramuka Penggalang untuk mengikuti kegiatan LT II ‎tanpa ada wajah yang murung. Hal ini, lanjut Kak Nas, menandakan bahwa Pramuka adalah satu-satunya organisasi kepanduan yang menanamkan pendidikan karakter bagi kaum muda yang tahan banting, mandiri, berani, jujur, disiplin dan pantang menyerah sesuai dengan tema LT II yakni ‘Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubaktikan’.

“Saya selaku Sekretaris Cabang sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini. Semoga dari kegiatan ini, diantara kalian 20 tahun yang akan datang menjadi generasi penerus bangsa yang berhasil,” harapnya.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Alex Mirgo pada laporannya Lomba Tingkat II ini merupakan pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk Perkemahan selama tiga hari, ini merupakan kegiatan lomba yang rutin setiap tahun untuk menguji prestasi dan evaluasi dari hasil latihan di masing-masing gugus depan serta terciptanya Pramuka Penggalang yang kreatif, terampil, mandiri serta berpotensi dan menjunjung tinggi jiwa sportifitas dalam rangka mewujudkan perastuan dan kesatuan bangsa.

Materi-materi lomba yang akan diikuti oleh peserta yang berjumlah 368 orang yang terdiri dari 23 regu putra dan 23 regu putri masing-masing regu berjumlah 8 orang, untuk regu putra lombanya adalah lomba PBB, Mendongeng, Hasta Karya, Juara Satu dan Pionering sedangkan untuk putri yaitu Pentas Seni, Kaligrafi, Memasak, Senam Pramuka dan Semaphore.

Sementara itu, Ketua Kwartir Ranting Drs. Indra Febrianto mengatakan kehadiran Pramuka sangat bermanfaat di masyarakat, khususnya di Kecamatan Lubuk Sikarah. ‎Anak-anak yang aktif dalam Pramuka, saya yakin dapat terhindar dari pengaruh negatif yang dapat merusak potensi dan kualitas dirinya, terutama berkaitan dengan kenakalan remaja, seperti tawuran,  narkoba dan lain-lain.

“Banyak hal pengalaman dan pengetahuan yang akan didapatkan dari peserta dalam kegiatan LT II. Karena itu, kita harap semua peserta bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai, semua materi yang diberikan bisa dijadikan modal untuk pembentukan karakter mereka, terima kasih kepada peserta, pembina pendamping dan kepada panitia yang telah mempersiapkan kegiatan dari awal sampai berakhirnya kegiatan ini nantinya,” pungkasnya.

Tags: , , , , , , ,