Kwarran Tanjung Harapan Gelar Lomba Tingkat II Pramuka Penggalang

Kwarran Tanjung Harapan  Gelar Lomba Tingkat II Pramuka Penggalang

Solok, (InfoPublikSolok) – Kwartir Ranting Tanjung Harapan Kota Solok gelar kegiatan Lomba Tingkat II bagi Pramuka Penggalang yang berpangkalan di Sekolah Dasar (SD) yang berada di wilayah Kecamatan Tanjung Harapan. Kegiatan ini dilasanakan dari tanggal 26 s/d 28 Oktober 2018 bertempat di Bumi Perkemahan Taman Pramuka Ampang Kualo Kota Solok.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ka. Mabiran Tanjung Harapan yang diwakili oleh Sekretaris Camat Rusman, SH, yang dihadiri oleh Ketua Kwarran Tanjung Harapan Kak. H. Fahridal, para Kamabigus, Pembina pendamping, Andalan Kwarcab Kota Solok dan Andalan Cabang Kwarcab Kota Solok dengan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Kak Ifra Nofrisah, S.Pd.I,

Dalam sambutan Ka. Mabiran disampaikan, “Lomba Tingkat II ini memiliki motto Terampil, Ceria, Berkarakter dengan motto tersebut secara optimis Gerakan Pramuka akan berupaya untuk mandiri, berani dan percaya diri yang pada gilirannya akan menciptakan generasi-generasi muda yang tangguh, bibit-bibit unggul di masa depan dalam rangka menyongsong Indonesia menjadi lebih baik,” tutur Rusman.

Lanjutnya, “Pada kesempatan ini saya atas nama Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Tanjung Harapan mengucapkan terima kasih kepada para Kamabigus, Pelatih, Pembina dan Panitia serta semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini, dan kepada adik-adik peserta selamat mengikuti Lomba Tingkat II ini dengan selalu menjujung tinggi nilai-nilai sportifitas,” ungkap Sekcam Tanjung Harapan.

Kak Ifra selaku Ketua Panitia Pelaksana Lomba Tingkat II menjelaskan bahwasanya kegiatan lomba ini diikuti sebanyak 378 peserta anggota Gerakan Pramuka Penggalang yang terdiri dari 21 pangkalan SD/MI, terbagi atas 21 bidamping putri dan 21 bindamping putra. Adapun mata lomba dalam kegiatan LT II ini adalah PBB bertongkat, Pionering, Sang Juara, Tahfiz, Vokal Grup, Kolase dan Semboyan Isyarat.

Tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan bagi Pramuka Penggalang, meningkatkan ketrampilan, kecakapan dan disiplin serta untuk mengukur dan mengevaluasi kegiatan Pramuka Penggalang yang berpangkalan di Sekolah Dasar.

“Sasaran kegiatan itu sendiri adalah untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, memperkuat tali persaudaraan dan persatua bangsa, meningkatkan kemantapan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan, meningkatkan rasa tanggung jawab dan rasa cinta dalam jati diri terhadap bangsa serta meningkatkan jiwa kepemimpinan dan percaya diri,” jelas Kak Ifra. (js)

Tags: , , , , , ,