Lomba Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Solok, (InfoPublikSolok) – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Solok mengadakan “Lomba Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi Pokja IV Kelurahan se Kota Solok”, bertempat di Aula PKK Kota Solok,  Senin (8/10/2018).

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)  adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu,  mau dan mampu nelaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.

Topik lomba PHBS itu diantaranya adalah persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan,  memberikan bayi ASI ekslusif, menimbang bayi dan balita setiap bulan, menggunakan air bersih,  mencuci tangan dengan air bersih dan mengalir pakai sabun, menggunakan jamban sehat,  memberantas jentik di rumah,  makan sayur dan buah setiap hari,  melakukan aktifitas fisik setiap hari dan tidak merokok dalam rumah.

Tim juri terdiri dari 3 orang yang berkopenten dibidangnya,  yaitu dr.  Uswatun Hasanah dan Ns. Zulmaniar Gusti,  S. Kep dari dinas Kesehatan Kota Solok serta Ny.  dr.  Pepy Lady dari Pokja IV Tim Penggerak PKK Kota Solok. Kriteria penilaian lomba didasarkan pada kesesuaian isi presentasi dengan tema,  ketepatan isi materi,  gaya/mimik dan improvisasi,  cara presentasi,  ketepatan waktu dan bahasa yang digunakan saat penyuluhan.

Hasil penilaian memutuskan Juara I Ibu Novi Yeni (Kelurahan Koto Panjang),  Juara II Ibu Eri Andriani (Kelurahan Kampung Jawa)  dan Juara III Ibu Santi Hastuti (KelurahanTanah Garam).

“Pemenang dari lomba penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan menciptakan perilaku hidup bersih dan sehat”, harap Ny.  Asnimar Sekretaris Tim Penggerak PKK Kota Solok.(mf)