Lomba Tari Tradisional dan Lagu Minangkabau

Solok, (MC Kota Solok)Kodim 0309/Solok menyelenggarakan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Lomba Tari Tradisional dan Lagu Minangkabau antar SLTA se-Kota dan Kabupaten Solok di auditorium Kodim 0309/Solok, Selasa (29/8/17). Lomba tari tradisional dan lagu Minangkabau sengaja diperlombakan dalam rangka “Gerakan Kembali Ke Budaya Asli Minangkabau”.

Dandim 0309/Solok Letkol Inf Irwan Harjatmono berharap dengan adanya lomba tari tradisional dan lagu Minangkabau ini dapat memupuk budaya lokal khususnya di wilayah Kota dan Kabupaten Solok di bidang seni tari “…ini adalah budaya lokal yang harus kita lestarikan, budaya ini tidak boleh dihilangkan atau diabaikan sebaliknya harus kita tingkatkan pelestariannya sehingga budaya asli minang kabau ini tetap ada sampai akhir zaman” ucap Dandim 0309/Solok selaku penanggung jawab kegiatan.

Sebanyak 19 tim dari siswa-siswi SLTA se-Kota dan Kabupaten Solok hari ini menunjukkan kemampuannya dalam rangka Lomba Tari Tradisional Minangkabau. 19 peserta tersebut terdiri dari SLTA Kota solok diantaranya adalah SMAN 1, SMAN 2, SMA N 4, SMKN 2, SMKN 3 dan MAN Kota Solok, sementara tim dari SLTA Kabupaten Solok diantaranya terdiri dari SMAN 1 Payung Sekaki, SMAN 1 Hiliran Gumanti, SMAN 1 Bukit Sundi, SMAN 1 Lembah Gumanti, SMAN 2 Lembang Jaya, SMAN 2 Sumbar, SMKN 1 Gunung Talang, SMKN 1 Bukit Sundi, MAN Lembah Gumanti, MAN Kotobaru, MAN Murul Maulid  dan SMAN Muhammadiyah.

Perlombaan ini akan dinilai oleh tiga orang juri yang sudah berpengalaman di bidang seni diantaranya adalah Ronaldi, S.Sn.,M.Si, Gusnifa Iryanti, S.Sn.,M.Si dan Desminar, S.Sn dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaah Kota Solok.

Deni Anggrayani, S.Pd guru pendamping dari MAN Lembah Gumanti “..kami dari pihak sekolah sangat mendukung sekali kegiatan ini, begitu ada pemberitahuan dari Kodim 0309/Solok tentang kegiatan lomba, kami segera membentuk tim dan melaksanakan latihan di sekolah. Semoga tim kami mendapatkan prediket yang terbaik” ungkap Deni.

Lomba Tari Tradisional Minangkabau, Juara 1 diraih oleh SMK Negeri 1 Gunung Talang, Juara 2 diraih oleh SMA Negeri 3 Kota Solok dan Juara 3 ditempati oleh SMA Negeri 1 Bukit Sundi.

Lomba Lagu Minangkabau, keluar sebagai juara 1, Indriyani Rahmita dari SMK Negeri 1 Kota Solok, Juara 2 diraih oleh  Repi Agusman dari SMA Negeri 3 Kota Solok dan Juara 3 diduduki oleh Cika Azzahra dari SMK Negeri 1 Gunung Talang

Kasdim Mayor Inf Supadi menyampaikan “…terimakasih atas partisipasi seluruh peserta lomba seraya berucap agar para pemenang dalam perlombaan yang diselenggarakan dalam rangka Komsos Kreatif Kodim 0309/Solok dapat lebih meningkatkan kemampuannya karena para pemenang ini akan menjadi utusan/perwakilan sekolah yang mewakili Kota dan Kabupaten Solok di tingkat Provinsi”, sampainya. (hy)

%d blogger menyukai ini: