Manasik Salah Satu Pelayanan Kepada Jemaah, Kakanwil Berikan Pembekalan

Solok, (InfoPublikSolok) – Kegiatan manasik haji ini merupakan persiapan yang sangat penting untuk dilaksanakan supaya  Jemaah Calon Haji (JCH)  dapat mengetahui tata cara dalam berhaji. Setelah memahami ilmu manasik haji JCH harus mengetahui manfaat haji, yaitu menghayati pelaksanaan ibadah haji karena bernilai ibadah, dan manfaat lainnya adalah mempupuk semangat saling membantu diantara sesama jemaah haji sehingga sifat ini diharapkan melekat setelah pelaksanaan ibadah haji selesai.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama  (Kemenag) Propinsi Sumatera Barat saat memberikan pembekalan kepada 146 JCH  Kota Solok, yang bertempat di Mesjid Al Hiidayah VI Suku Kota Solok, Rabu  (04/07).

Dalam arahannya Kakanwil  memaparkan,  regulasi pelaksanaan ibadah haji mulai dari Undang_undang Nomor 13 tahun  2008 sampai Keputusan Dirjen Penyelenggara haji dan Umrah No.116 tahun 2018. Untuk 2018 ini Kementerian Agama berupaya memberikan pelayanan terbaik  kepada jamaah dan setiap tahunnya selalu ada peningkatan berdasarkan survey kepuasan  jamaah. Peningkatan pelayanan ini telah dimulai semenjak pelunasan hingga pemberangkatan, dan jemaah saat berada di Arab Saudi, Konsumsi  serta transportasi.

Hendri juga berpesan  Kepada Jamaah, agar  selalu menjaga kesehatan dan  mematuhi semua aturan yang ditetapkan dengan terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan petugas baik itu petugas Kloter maupun petugas Daker di Arab Saudi nantinya.

“Kita harus mulai mengenal dengan sesama calon jemaah haji dari manasik ini, karena akan menjadi teman, saudara, saling membantu di saat ibadah di tanah suci nanti dari sekarang mulai jaga kesehatan berolah raga yang teratur, makan makanan yang bergizi dan sehat, melaksanakan ibadah haji di utamakan perkara perkara yang wajib, baru kemudian sunnah,” ujar  Hendri diakhir arahannya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok H. Burhanuddin Chatib yang didampingi Plt. Kasi Penyelenggara Haji Dan Umrah Samsidir, mengatakan bahwa 146 JCH Kota Solok,   dengan Kelompok Terbang  (kloter) 5 akan bergabung dengan JCH  Kabupaten  Solok, Kota Sawahlunto dan Kota Padang. Dijadwalkan masuk asrama pada Jumat 20 Juli 2018 dan berangkat menuju Madinah pada Sabtu 21 Juli 2018. Sampai kembali ditanah air nantinya pada 1 September 2018. (hd).