Masyarakat Kel. Nan Balimo Ikuti Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

Masyarakat Kel. Nan Balimo Ikuti Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

Solok, (InfoPublikSolok) – Masyarakat Kelurahan Nan Balimo mendapatkan Penyuluhan tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari Kantor Pertanahan Kota Solok di Aula Kantor Lurah Nan Balimo Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Rabu (8/8/2018).

Kegiatan yang merupakan kerjasama antara Kelurahan Nan Balimo dengan Kantor Pertanahan Kota Solok tersebut dibuka langsung oleh Lurah Nan Balimo yang diwakili oleh Sekretaris Lurah Nan Balimo dan dihadiri oleh Ketua RT dan RW serta Unsur Masyarakat Kelurahan Nan Balimo.

Sekretaris Lurah Nan Balimo Rahman Hidayu, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Penyuluhan tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini sangat penting sekali, dimana akan memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang tata cara pendaftaran tanah masyarakat untuk dapat diterbitkan sertifikatnya. Selain itu perlu adanya kejelasan terhadap proses dan administrasi pendukung dalam pembuatan tertifikat tanah tersebut.

Kasi Hubungan Hukum Kantor Pertanahan Kota Solok Husni dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini merupakan program dari Pemerintah Pusat, dimana sebelumnya kegiatan ini dikenal dengan nama Prona, dalam pelaksanaan kegiatan ini masyarakat tidak dipungut biaya (gratis).

Selain itu beliau juga berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh tanah-tanah yang ada di Kota Solok, baik yang sudah bersertifikat, belum bersertifikat dan yang bersengketa pun dapat terpetakan semuanya.

Selanjutnya Kasi Infrastruktur Kantor Pertanahan Kota Solok M. Fajri Mardias menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dari Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini adalah agar seluruh bidang-bidang tanah di Kota Solok ini secara keseluruhannya dapat terdaftar, terukur dan terdata dengan baik.

Selain itu salah seorang masyarakat Kelurahan Nan Balimo Deswara menyampaikan dengan adanya kegiatan Penyuluhan tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini dapat meberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang kegiatan-kegiatan pemerintah serta proses dan pelaksanaannya sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik dengan adanya transparansi dalam memberikan pelayanan khususnya di bidang pendaftaran tanah ini.

Disisi lain saat ditemui setelah kegiatan berlangsung, Sekretaris Lurah Nan Balimo Rahman Hidayu, berharap dengan adanya Penyuluhan tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini, pihak kelurahan sangat terbantu sekali karena selama ini pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat tentang proses pendaftaran tanah yang sulit dijelaskan kepada masyarakat, saat ini sudah dapat terjawab oleh instansi yang berwenang akan hal tersebut. (iid)

Tags: , , , , ,