Mimi Batik Kota Solok Laksanakan Prakerin Perdana

Mimi Batik Kota Solok Laksanakan Prakerin Perdana

Solok, (InfoPublikSolok) – Keberadaan Mimi Batik yang berlokasi di jalan Sapta Marga Banda Balantai, Kampung Jawa Kota Solok semakin diakui didunia tekstil Sumatera Barat. Ini semua berkat kegigihan pengelola Mimi Batik sendiri yaitu Mimi bersama suami Nanang Suhardis yang sudah dijalankan sejak tahun 2013 yang berawal dari usaha Industri Kecil Menengah (IKM) yang dipelopori oleh Dinas Pariwisata Kota Solok.

Seiring berjalan waktu Mimi dan Suami pun sering mengikuti berbagai pelatihan yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Dinas Koperindag Kota Solok dengan mendatangkan instruktur dari Sleman Jogjakarta, serta ikut membuka stand pameran dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Kota Solok. Pengelola pun berinovasi dengan menciptakan motif batik khas solok seperti Tungku tigo sajarangan, Padi masak jaguang maupiah, rumah gadang gajah maharam, burung belibis, padi segama, saik galamai dan kaluak paku serta motif lain yang mencerminkan ragam khas minangkabau. Sampai saat ini Mimi batik memproduksi batik tulis dan batik cap yang bekerja sama dengan memberdayakan warga sekitar, untuk cap sendiri mimi memesan cetakan cap nya ke Solo langsung.

Sampai saat ini Mimi Batik menerima siswi Prakerin sebanyak 10 orang yang mana Prakerin ini merupakan Prakerin perdana untuk Mimi Batik Kota Solok, 10 siswi itu berasal dari SMK Negeri 4 Padang sebanyak 5 orang yang sudah berjalan selama satu bulan dan 5 orang dari SMK Negeri 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam yang baru memulai prakerinnya selasa 10 April 2018 yang diantar langsung oleh guru pembimbingnya ibu Dra. Melly Tafsya. Ibu Melly merupakan salah satu peserta lomba foto yang diadakan oleh Pemerintah Kota Solok melalui Komunitas Gajah Maharam Photography yang salah satu objeknya Batik Solok, disitulah ibu Melly mengetahui adanya produksi Batik Solok dan mendaftarkan siswinya untuk Prakerin di Mimi Batik.

Untuk Prakerin siswi SMK Pengelola Mimi Batik berbagi tugas bersama suami dan teman-teman, Mimi dan Suaminya (Nanang Suhardis) mengajarkan pembuatan pola-pola motif batik tulis, Yulbrid Dasman (biasa dikenal Bang dit,red) dan Mulya Pribadi mengajarkan pembuatan batik cap, untuk lorut atau memasak dan pewarnaan di asuh oleh bapak Johari.

Dengan adanya siswi-siswi SMK yang Prakerin di Mimi Batik, Mimi dan Suami berharap kedepannya usaha yang dikelolanya lebih berkembang dan terkenal lebih luas lagi serta dapat ikut mempromosikan Batik Khas Kota Solok ke publik luar.(js)

Tags: , , , , ,