Minimalkan Dampak Negatif Internet, Kominfo Sosialisasikan Internet Sehat

Solok, (Info Publik Solok) – Walikota Solok yang diwakili Kepala Dinas Kominfo, Zulfadli, SH, M.Si membuka acara sosialisasi internet sehat secara resmi, Jum’at (12/10), di Aula Dinas Pendidikan Kota Solok. Turut hadir pada kesempatan itu Ketua Pelaksana Kepala Bidang Penguatan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi dan Statistik, Pelaksana Teknis kegiatan, Sri Herlina, S.Kom, M.CIO, Narasumber Novi Eliza MAwardi, S.Pd Guru KKPI SMKN 2 Kota Solok, dan Beny Junaidi, S.Sos, M.I.Kom Pejabat Pengelola Pelayanan Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Solok serta 70 (tujuh puluh) orang peserta yang terdiri atas siswa dan Guru Bimbingan Konseling utusan SMP dan MTS Negeri di lingkungan Kota Solok.

Kepala Dinas Kominfo Zulfadli dalam sambutannya mengatakan bahwa menurut data Kementerian Kominfo (hasil survey APJII tahun 2016), sekitar setengah dari jumlah penduduk Indonesia telah menggunakan internet, hal ini menunjukkan bahwa internet saat ini dibutuhkan oleh masyarakat karena berjuta manfaat yang ditawarkan di dalamnya.

Disisi lain tambah Zulfadli, tidak semua isi internet dapat bermanfaat karena sifatnya yang cenderung bebas tanpa kontrol manapun. Jika kita tidak pandai menyikapi pengaruh negatif internet, tentu internet dapat merusak generasi muda. Sebaliknya jika internet Dapat disikapi dengan kedewasaan dalam memilih dan memilah hal yang baik atau buruk, serta ditambah dengan pemahaman yang cukup tentang internet, tentu internet dapat mencerdaskan kehidupan bangsa, bahkan intenet dapat menjadi sumber atau media pembelajaran bagi siswa.

Pada kesempatan yang sama Kabid Penguatan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi, Zulfahmi, SH dalam laporannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kedewasaan mayarakat, khususnya peserta yang berasal dari SLTP di Kota Solok, dalam menggunakan internet.

Semoga dengan adanya sosialisasi ini lanjut zulfahmi, peserta dapat meningkatkan pemahamannya tentang internet yang sehat, meningkatkan kedewasaan dalam penggunaan internet yang sehat, menggunakan internet untuk aktifitas Pendidikan, meminimalisir pengaruh buruk yang terdapat dengan berinternet serta berkreasi dalam penulisan dengan cara mengirimkan karya kepada pengelola portal Info Publik Solok (www.kotasolok.info), harap Ketua Panitia.

Usai acara pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari kedua Narasumber. Novi Eliza Mawardi pada persentasinya menyampaikan pada intinya manfaat internet untuk pembelajaran terdiri atas discovery (pencarian), komunikasi, kolaborasi (pertukaran informasi). Namun jika dikaji lebih rinci, banyak sekali manfaat internet sebagai media pembelajaran yang ditemukan, jelas Novi. Misalnya internet merupakan pustaka raksasa dunia, informasi apa saja yang ingin kita cari semuanya sudah tersaji pada internet.

Internet juga dapat menjadi sumber kreasi, berapa banyak anak-anak yang dapat membuat permainannya (seperti slime) sendiri dengan hanya belajar dari youtube, bahkan ada yang sampai menghasilkan uang, jelas Novi. Ibu rumah tangga atau anak perempuan juga dapat belajar memasak atau membuat kue dari internet. Media pembelajaran lain yang bisa kita manfaatkan dari internet yaitu pembelajaran menggunakan web, buku digital, pembelajaran langsung jarak jauh, rumah belajar, email, berbagi informasi.

Pada sesi berikutnya Beny Junaidi menyampaikan bahwa Indonesia merupakan pengguna terbanyak urutan ke-5 dunia menggunakan internet, jika tidak kita sikapi secara bijak bukan tidak mungkin generasi muda kita akan terpengaruh dampak negatif dari internet. Ia mencontohkan, “Seperti berita Hoax, sebagai pengguna kita harus kritis dan budayakan membaca setiap informasi secara jelas sebelum membagikannya, kemudian terkait konten yang mengandung unsur pornografi telah ada beberapa kasus yang melanggar UU ITE, dalam bermedia kita harus cerdas dan kritis sehingga banyak nilai manfaat yang bisa kita ambil,” jelasnya

Pada akhir sesi Beny menyampaikan Dinas Kominfo sedang membangun website yang akan menampung hasil karya berupa tulisan dari seluruh pelajar Kota Solok yaitu sakola.kotasolok.info. Program ini ditujukan bagi pelajar atau mahasiswa yang gemar menulis, baik itu berita, feature, karya sastra dan sejenisnya. Program ini akan dimulai pada tahun 2019 dengan cara setiap tulisan dapat dikirim ke email redaksi.ips@gmail.com. (eg/sh)