“Ngobrol Pemilu 2019” di Polres Solok Kota

“Ngobrol Pemilu 2019” di Polres Solok Kota

Solok, (InfoPublikSolok) – KPU Kota Solok bekerjasama dengan Polres Solok Kota menggelar acara “Ngobrol Pemilu 2019” bertempat di Ruang Pertemuan/Aula Polres Solok Kota Jln. K.S Tubun No. 2, Kel. Kampung Jawa Kota Solok, Sabtu (12/5). Hadir dalam acara ini Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan beserta jajaran, Ketua KPU Kota Solok Budi Santosa beserta anggota dan Sekretariat KPU Kota Solok, Ketua Panwaslu Kota Solok beserta jajaran, Ketua LKAAM Kota Solok, Ketua dan Sekretaris Partai Politik peserta Pemilu 2019 tingkat Kota Solok.

AKBP Dony Setiawan dalam pembukaan acara menyampaikan selamat datang dan ucapan terimakasih kepada seluruh yang hadir dalam acara “Ngopilu” (Ngobrol Pemilu 2019). Acara ini diadakan dalam rangka berkoordinasi guna menciptakan suasana yang kondusif di Kota Solok. “Kita ingin mendengar dari pimpinan partai politik yang ada di Kota Solok untuk memberikan saran dan masukan agar Pemilu 2019 di Kota Solok berjalan aman, tertib dan lancar serta tidak ada gesekan, “Gakkumdu” sudah terbentuk diharapkan partai politik tidak ada yang curi start kampanye”, ujar Dony.

Selanjutnya, Ketua KPU Kota Solok menyampaikan apresiasi dan pengahargaan yang setinggi-tingginya kepada Kapolres Solok Kota yang telah menggagas acara “Ngobrol Pemilu 2019” hari ini. “KPU Kota Solok saat ini sedang menjalankan tahapan Coklit data pemilih, kita berharap seluruh anggota dan keluarga partai politik serta masyarakat yang telah memiliki hak pilih dapat terdaftar sebagai pemilih dan telah didatangi petugas pantarlih, Jika masih ada yang belum dicoklit oleh pantarlih segera laporkan kepada PPS, PPK dan KPU Kota Solok atau Panwaslu Kota Solok beserta jajaran”, himbau Budi.

Selanjutnya KPU Kota Solok akan menghadapi tahapan yang sangat penting yaitu pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kota Solok, sesuai dengan tahapan tanggal : 4 – 17 Juli 2018. Partai politik diharapkan segera menyiapkan diri untuk menhadapi tahapan tersebut, dengan memulai menyiapkan dokumen administrasi dan petugas/operator “Silon” (Sistem Informasi Pencalonan).

Ketua Panwaslu Kota Solok Triati menyampaikan bahwa Panwaslu Kota Solok beserta jajaran terus melakukan pengawalan dan pengawasan terhadap pelaksanaan coklit data pemilih. Jangan sampai setelah selesai jadwal coklit pantarlih tanggal 17 Mei 2018 masyarakat atau artai politik baru melaporkan bahwa anggotanya belum dicoklit oleh pantarlih. Oleh sebab itu partai politik diharapkan juga aktif memantau perkembangan coklit data pemilih ini, agar tidah ada masalah dikemudian hari.

Ketua Panwaslu berharap tidak ada persoalan atau permasalah dalam Pemilu 2019 mendatang, artinya semua pihak terkait mematuhi dan mngikuti aturan yang telah ditetapkan berdasarkan UU dan peraturan yang ada. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan masukan dari pimpinan partai politik, dimana dalam diskusi berkembang bahwa seluruh partai politik sepakat untuk taat pada aturan Pemilu yang telah ditetapkan berdasarkan UU dan peraturan yang ada.

Ketua LKAAM Kota Solok H. Rusli Khatib Sulaiman menghimbau kembali agar kita dapat mewujudkan “Pemilu 2019 yang Berakhlak dan Berbudaya” di Kota Solok. Akhlak berarti tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu keinginan secara sadar untuk melakukan suatu perbuatan yang baik. Sedangkan Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan dan karya seni. “Pemilu 2019 yang Berakhlak dan Berbudaya di Kota Solok mari bersama-sama kita wujudkan untuk melahirkan pemimpin-pemimpin yang mampu mengemban amanah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, kata H. Rusli. (ys).

Tags: , , , ,