Palanta Baco Tarapuang Hadir di Batang Lembang

Palanta Baco Tarapuang Hadir di Batang Lembang

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam upaya mewujudkan Kota Solok menjadi Kota Literasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok meluncurkan Palanta Baco Tarapuang (Pustaka Terapung) di atas sungai Batang Lembang, kawasan Lapangan Merdeka Kota Solok, selama tiga hari (17 s/d 19 September 2018).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Drs. Yul Abrar menyampaikan Perpustakaan terapung ini digagas oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok bersama Komunitas Solok Kreatif Center, dengan tujuan untuk menyediakan tempat bagi masyarakat untuk menambah ilmu pengetahuan melalui membaca demi mewujudkan Kota Solok menjadi Kota Literasi. “Melalui pustaka terapung ini, warga setempat dapat membaca dengan suasana santai sembari menikmati sore dari atas sungai,” ungkapnya.

Peluncuran Perpustakaan Terapung (Palanta Baco Terapung) diresmikan oleh Ketua Komisi I DPRD Kota Solok Yose Rizal, SH.

Yose Rizal memberikan Apresiasi Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok dan Komunitas Solok Kreatif Center yang telah menyediakan fasilitas tempat membaca kepada masyarakat Kota Solok. “Dengan tersedianya fasilitas Perpustakaan Terapung tersebut masyarakat Kota Solok dengan mudah menemukan tempat untuk membaca, dan dengan membaca ini bisa mewujudkan generasi muda yang cerdas dan kreatif,” Ungkap Yose Rizal.

“Komisi I DPRD Kota Solok sebagai Mitra Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok akan memberikan dukungan penuh untuk mewujudkan program dan kegiatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, dari segi anggaran yang dituangkan dalam RPJMD Kota Solok akan kami dukung, “ sambungnya.

Disamping itu, untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok juga telah melaksanakan program buku bergulir (Bulir) yang saat ini telah berjalan di Empat Kelurahan, yaitu Kelurahan Tanah Garam, VI Suku, Kampung Jawa, dan Nan Balimo, serta menjalankan Pustaka Keliling ke sekolah-sekolah dan juga melayani masyarakat di Taman Syech Kukut dengan menggunakan perpustakaan keliling tersebut. (kh)

Tags: , , , , ,