Peduli Antar Sesama, Kemenag Kota Solok Sembelih Hewan Qurban

Peduli Antar Sesama, Kemenag Kota Solok Sembelih Hewan Qurban

Solok, (InfoPublikSolok) –  Penyembelihan hewan qurban diikuti oleh seluruh pegawai Kemenag Kota Solok bertempat di Halaman Kantor Kemenag Kota Solok pada hari kedua Idul Adha 1439 H,  Kamis  (23/8) pagi.

Jelang penyembelihan, dilakukan upacara pembukaan penyembelihan hewan qurban yang dipandu oleh Jasril, selaku Ketua Panitia Qurban. Turut disaksikan oleh  Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok  H. Amril.

Kantor Kemenag Kota Solok untuk tahun ini  menyembelih sebanyak 3 ekor Sapi. Dana pembelian hewan qurban ini berasal dari iuran seluruh pegawai di lingkungan Kantor Kemenag Kota Solok.

Dijelaskan oleh  H. Amril dalam kata sambutannya, ibadah qurban merupakan ibadah yang sangat dicintai Allah dan Rasulullah, dimulai dengan sejarah dan kisah ketaatan Nabi Ibrahim As dan putra kesayangannya Nabi Ismail As ketika mendapat perintah Allah SWT, ibadah ini diabadikan Allah di dalam Al Qur’an dan diamalkan oleh umat Nabi Muhammad SAW hingga sekarang.

“Saya berharap melalui penyembelihan hewan qurban ini, akan tercipta keharmonisan dalam kehidupan, karena antara satu dengan yang lainnya saling peduli dan berbagi rizki,” ujarnya.

“Oleh karena itu, nilai-nilai ibadah qurban ini dapat meningkatkan solidaritas dan kepedulian sosial antar sesama umat sehingga terjalin hubungan yang baik dan saling membantu dan menyayangi dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Kakan Kemenag.

Sementara itu, Jasril sebagai Ketua Panitia didampingi oleh Kasubbag Tata Usaha Samsidir, menyampaikan bahwa kegiatan hewan qurban ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dasarnya sesuai dengan perintah Allah SWT yang disebutkan dalam Al Qur’an surat Al Kautsar ayat 1 dan 2, dimana artinya “Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).”

Melakukan pemotongan hewan qurban berupa sapi untuk dibagi-bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan merupakan upaya menjaga ukhuwah islamiyah dan wujud nyata kepedulian sosial antar sesama. (hd)

Tags: , ,