Pelatihan Jurnalistik dan Pemanfaatan Internet Sebagai Media Kreatifitas Generasi Muda

Pelatihan Jurnalistik dan Pemanfaatan Internet Sebagai Media Kreatifitas Generasi Muda

Padang, (InfoPublikSolok) – Dinas Kominfo Provinsi Sumbar gelar Pelatihan Jurnalistik dan Kampanye Pemanfaatan Internet Sebagai Media Kreatifitas Generasi Muda bagi pengelola Media Center (MC) daerah pengelola dan Kelompok Infomasi Masyarakat (KIM) di Aula Istana Gubernuran Sumatera Barat Kota Padang, Senin (30/7).

Pelatihan yang dibuka resmi Kadis Kominfo Provinsi Sumatera Barat Yeflin Luandri,  diikuti oleh Redaktur dan Penulis Berita Media Center Info Publik dari Kota Solok, Kab. Sijunjung, Kab. Agam, Kota Bukittinggi, Kab. Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang, Kab. Tanah Datar dan KIM dari Kota Padang. Narasumber Nur Muhammad Dan, IT Manager PT. Karya Citra Sentosa dan Elvira Inda Sari, Redaktur portal berita Info Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Kadis Kominfo Sumbar dalam sambutanya mengatakan “KIM ditengah masyarakat sebagai duta informasi yang menyampaikan/ mengkomunikasikan informasi baik internal maupun eksternal kelompok dalam nagari/daerahnya. KIM dan MC diharapkan menjadi garda terdepan dalam memperkuat persatuan dan kesatuan serta menangkal berita-berita hoax”, katanya.

Setelah dibuka secara resmi, pada sesi pertama, narasumber praktisi internet Nur Muhammad Dan dalam pemaparannya mengatakan bahwa pada saat ini internet telah menjadi infrastruktur pendukung kelancaran proses bisnis.

“Internet tidak hanya sebagai sarana hiburan, informasi, berita, tetapi juga sudah menjadi media transaksi jual beli barang dan jasa serta fasilitas finansial” paparnya

Elvira Inda Sari, Redaktur Info Publik pada sesi pelatihan jurnalistik menjelaskan, berita merupakan informasi yang mempunyai nilai.

“Sebuah informasi layak diberitakan jika memiliki nilai berita, yakni aktualitas berita, magnitude (luasnya cakupan), besaran dampak berita, proximity (kedekatan berita dengan pembaca), keunikan suatu peristiwa, ketokohan seseorang (names makes news), berita kemanusiaan dan berita konflik”

“Semua media menulis dengan pakem nilai berita yang sama, yang membedakan adalah angel (sudut pandang berita), angle harus didukung oleh data, fakta, dan argumentasi sesuai dengan hasil liputan” terangnya

Lebih lanjut Elvira menjelaskan, sudut pandang materi berita Info Publik yang disajikan dapat berupa promosi potensi dan unggulan daerah, program pimpinan daerah/Kepolisian/TNI, hasil penelitian yang bermanfaat, kegiatan masyarakat yang bernilai, partisipasi publik serta pemberdayaan masyarakat.

Sejalan dengan peran strategis infopublik.id untuk mendidik masyarakat, memberdayakan masyarakat, mencerahkan masyarakat, menjaga persatuan dan kesatuan NKRI, meningkatkan rasa cinta tanah air dan menjadi inspirasi. (eg)

Tags: , , , , ,