Pengelola Data Gender dan Anak Kota Solok Dilatih Aplikasi SIGA

Pengelola Data Gender dan Anak Kota Solok Dilatih Aplikasi SIGA

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPA) Kota Solok melaksanakan pelatihan Sistem Informasi Data Gender dan Anak (SIGA) bagi pengelola Data Gender dan Anak (Tim Teknis Pokja Data Gender dan Anak) pada tanggal 3 s/d 4 Juli bertempat di Mami Hotel Kota Solok.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas PPPA Delfianto dihadiri Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak Eva Murgana, dengan narasumber Dr. Herita Dewi, MM dari BPSDM Propinsi Sumatera Barat dan Revi Gusriva, M.Kom. Dinas Kominfo Provinsi Sumatera yang diikuti oleh 25 orang peserta dari OPD dilingkungan Pemerintah Kota Solok.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pengelola data gender dan anak dalam penggunaan SIGA serta meningkatkan persentase Perangkat Daerah yang mempunyai data terpilah, untuk menunjang ketersediaan data tahun 2018

Kepala Dinas PPPA dalam sambutannya berharapkan adanya peningkatan koordinasi antar pengelola data, guna dapat mewujudkan suatu sistem pengelolaan data dan informasi gender dan anak yang bersinergi dan berintegrasi dan tersedianya data terpilah yang akurat.

”Data gender dan anak menjadi element pokok bagi terselenggaranya pengarus utamaan gender (PUG). Data dan informasi yang dimaksud akan dikompilasi secara terstruktur berdasarkan aspek pelayanan umum dan aspek daya saing daerah untuk memudahkan pengolahan serta analisis secara sistematis dalam rangka penyusunan rencana pembangunan ”, kata Delfianto.

Narasumber kegiatan menjelaskan bahwa data terpilah yang ankutabel sangat bermanfaat untuk melihat permasalahan dalam pembangunan dan akhirnya dapat mengidentifikasi isu tentang perempuan dan anak, sehingga dapat dipakai sebagai dasar dalam penyusunan kebijakan dan menyusun program pembangunan yang resposif gender.

Dalam perspektif gender, penyediaan data, analisis dan pelaporan terpilah menurut jenis kelamin dimaksudkan untuk menyajikan data dan informasi tentang pengalaman kasus dalam kehidupan sebagai perempuan dan laki-laki. Data terpilah berdasarkan jenis kelamin menjadi inti dalam menghasilkan statistic gender (pedoman data gender) yaitu informasi yang mengandung isu gender termasuk di dalam nya isu anak, sebagai hasil analisi gender. (as)

Tags: , , , , , , ,