Pelatihan Wirausaha bagi Pemuda Kelurahan

Pelatihan Wirausaha bagi Pemuda Kelurahan

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solok melalui Bidang Pemuda pada Seksi Kepemimpinan, Kepeloporan dan Kewirausahaan mengadakan Pelatihan Kewirausahaan bagi Pemuda, mengangkat tema “Spirit Wirausaha Menuju Kemandirian Bangsa”.

Pelatihan diikuti oleh 40 orang peserta perwakilan Pemuda setiap kelurahan. Pelaksanaan pelatihan di Aula SMK N 2 Kota Solok, mulai Senin, (30/07).

Pelatihan diadakan selama 10 hari dan berakhir Kamis (09/08/2018). Narasumber dari pelatihan kewirausahaan ini didatangkan dari guru SMK N 2 Kota Solok yang memiliki keahlian mengajar perbengkelan dan pengelasan.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok yang diwakilkan oleh Kepala Seksi Tenaga dan Pembibitan Olahraga Anwar, S.Pd, M.Pd, menyatakan Pemuda harus diarahkan pada jiwa yang mandiri dan mempunyai ilmu di bidang kewirausahaan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk menggalakkan pemuda untuk berani dalam berwirausaha. Nantinya setelah pembukaan ini kepada peserta akan diajarkan secara langsung bagaimana cara pengelasan dan perbengkelan secara langsung. Nanti akan di didampingi oleh guru-guru kita yang telah mahir di bidangnya”, ujar Anwar.

“Diharapkan setelah pelatihan ini para peserta dapat mengimplementasikan secara baik ilmu yang telah didapatkan selama pelatihan”, harapnya.

Kepala Seksi Kepemimpinan, Kepeloporan dan Kewirausahaan Hasrul Hendri, SH. M.Hum, mengatakan “Nantinya setiap peserta pelatihan akan dibagi menjadi 3 kelompok. Sebanyak 20 orang akan mengikuti pelatihan perbengkelan di SMK N 2 Kota Solok. 10 orang lagi akan mengikuti pelatihan pengelasan di Abenk Bengkel, dan 10 orang lagi di Sakato Bengkel, keduanya beralamat di Kelurahan Kampung Jawa”

Amris, S.Pd selaku narasumber dalam sambutan mengatakan, “faktanya saat ini banyak pemuda tidak mendapatkan pekerjaan akibat terbatasnya peluang yang ada. Saya berharap pelatihan kewirausahaan ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan wirausahawan muda yang akan membuka lapangan pekerjaan baru nantinya, dibarengi dengan semangat dan kemauan belajar yang tinggi dari peserta selama pelatihan”. (ep)

Tags: , , ,