Site icon Kota Solok – Web Resmi Pendidikan Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

Peluang Kerja Lulusan Biomatika dan Mata Kuliah yang di Pelajarinya

Peluang Kerja Lulusan Biomatika dan Mata Kuliah yang di Pelajarinya

kotasolok.info – Jurusan Biokimia merupakan ilmu yang mempelajari peranan berbagai molekul terhadap reaksi kimia, juga berbagai proses yang berlangsung di dalam makhluk hidup mulai dari yang paling sederhana hingga yang terkompleks sekalipun. Secara garis besar biokimia mempelajari tentang karbohidrat yang tersusun dari monomer atau disebut juga sebagai monosakarida, lipid yang terbentuk dari satu molekul gliserol yang bergabung dengan molekul lain, protein sebagai makrobiopolimer yang tersusun dari monomer asam amino dan asam nukleat sebagai molekul yang membentuk DNA.

Pemahaman mengenai Ilmu Biokimia sendiri bermanfaat untuk mempelajari berbagai penyakit edufriends. Bidang lain dalam biokimia di antaranya kode genetik (DNA, RNA), sintesis protein, angkutan membran sel, dan transduksi sinyal.

Kebutuhan Jurusan Biokimia Di Dunia Kerja

  • Banyak perusahaan memperkerjakan lulusan biokimia, mulai dari perusahaan farmasi, pangan, pertanian, perikanan, peternakan, lembaga penelitian result hk milik swasta maupun pemerintah.
  • Ahli biokimia bekerja di persimpangan kimia dan biologi, yaitu meneliti mekanisme molekuler sistem biologis. Pekerjaannya meneliti kimia fungsi seluler, susunan molekul protein, atau interaksi antara bahan kimia dan sel-sel tertentu
  • Ahli toksikologi adalah ahli dalam bahan kimia dan bahan beracun yang menggunakan keahlian mereka untuk meneliti dan mengevaluasi keamanan produk kimia dan obat-obatan serta mengidentifikasi keamanan produk kimia
  • Biasanya bidang yang menerima lulusan Biokimia adalah RnD (Research and Development), QA (Quality Analysist), dan QC (Quality Control).
  • Selain itu Lulusan Biokimia juga dapat berkarir sebagai pengajar ilmu Biokimia. Namun untuk menjadi seorang dosen, kamu diwajibkan untuk melanjutkan pendidikan hingga pada level Master atau Doktoral.
  • Ilmuwan pangan bekerja di bidang pertanian, mempelajari dan mengembangkan metode untuk meningkatkan produktivitas atau keberlanjutan tanaman dan ternak.
  • Ilmuwan forensik membantu penyelidikan kriminal dengan mengumpulkan dan menganalisis bukti fisik, seperti percikan darah, sidik jari, DNA, jaringan, atau selongsong yang digunakan, pengumpulan bukti di tempat atau bekerja di laboratorium.
  • Jika tertarik pada biokimia, tetapi tidak tertarik untuk mengejar pekerjaan di bidang ilmiah yang eksplisit, kamu dapat perwakilan penjualan untuk perusahaan farmasi atau biotek.
  • Jika tertarik pada sains dan suka menulis, kamu dapat menjadi jurnalis sains untuk surat kabar, majalah atau media online
  • Insinyur biomedis merancang dan membangun teknologi baru untuk digunakan dalam pengobatan dan perawatan kesehatan. Mereka dapat merancang apa saja mulai dari sistem komputer baru untuk rumah sakit hingga penggantian organ internal atau anggota tubuh palsu.

Mata Kuliah Jurusan Biokimia

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Biokimia, edufriends:

  1. Struktur dan Fungsi Subseluler
  2. Kinetika Kimia
  3. Biologi Molekuler
  4. Integrasi dan Regulasi Metabolisme
  5. Teknologi Asam Nukleat dan Protein
  6. Kolokium
  7. Matematika Dasar
  8. Pengantar Ilmu Pertanian
  9. Kalkulus
  10. Genetika Dasar
  11. Mikrobiologi Dasar
  12. Biofisika Umum
  13. Kimia Organik
  14. Kimia Fisik
  15. Kimia Anorganik
  16. Kimia Analitik
  17. Struktur dan Fungsi Biomolekul
  18. Metabolisme
  19. Instrumentasi Bioanalisis
  20. Bioenergetika
  21. Biokimia Lingkungan
  22. Biokimia Klinis
  23. Biokimia Nutrisi
  24. Bioindustri
  25. Biokimia Tumbuhan
  26. Biosinyal
  27. Bioinformatika
  28. Imunokimia

Peluang Kerja Lulusan Biokimia

1. Profesor Perguruan Tinggi

Seperti halnya banyak siswa dalam sains, banyak jurusan biokimia pergi menjadi profesor disiplin mereka. Menjadi profesor di perguruan tinggi adalah pilihan yang bagus untuk ahli biokimia, karena Anda dapat memelihara dan menginspirasi generasi ilmuwan berikutnya sambil juga melakukan penelitian Anda sendiri. Untuk mendapatkan pekerjaan mengajar di tingkat pasca-sekolah menengah, Anda membutuhkan setidaknya gelar master, tetapi Anda biasanya akan membutuhkan gelar doktor untuk jabatan guru penuh-waktu.

2. Ahli Biokimia / Kimia Farmasi

Ahli biokimia bekerja di persimpangan kimia dan biologi, meneliti mekanisme molekuler sistem biologis. Mereka mungkin bekerja, misalnya, meneliti kimia fungsi seluler, susunan molekul protein, atau interaksi antara bahan kimia dan sel-sel tertentu. Ahli biokimia dapat bekerja sebagai peneliti dasar, melakukan percobaan dalam pengaturan laboratorium tanpa aplikasi tertentu. Mereka juga dapat bekerja sebagai peneliti terapan, menangani masalah tertentu – penyakit seperti kanker atau HIV, misalnya – dalam penelitian mereka.

3. Ilmuwan Forensik

Ilmuwan forensik membantu penyelidikan kriminal dengan mengumpulkan dan menganalisis bukti fisik, seperti percikan darah, sidik jari, DNA, jaringan, atau selongsong cangkang yang dihabiskan. Lini pekerjaan ini dapat mencakup pengumpulan bukti di tempat atau bekerja di laboratorium.

4. Dokter

Jalur umum untuk jurusan biokimia adalah menjadi dokter. Dokter, atau dokter, adalah profesional yang memeriksa dan mendiagnosis pasien, serta mengobati cedera dan penyakit. Istilah “dokter” mengacu pada berbagai praktisi medis yang mungkin termasuk keluarga dan dokter umum yang mengobati berbagai kondisi dan penyakit sehari-hari, dokter anak yang merawat anak-anak dan dewasa muda, internis umum yang memberikan perawatan non-bedah untuk masalah yang mempengaruhi organ dalam.

5. Perwakilan Penjualan Biotek atau Farmasi

Jika Anda tertarik pada biokimia, tetapi Anda tidak tertarik untuk mengejar pekerjaan di bidang ilmiah yang eksplisit, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menjadi perwakilan penjualan untuk perusahaan farmasi atau biotek. Perwakilan penjualan bekerja atas nama perusahaan farmasi atau bioteknologi untuk menjual produk mereka, apakah itu obat atau alat medis, kepada dokter, dokter, dan rumah sakit.

Exit mobile version