Pemerintah Kota Solok Turunkan Tim Eliminasi Anjing Liar

Solok, (MC Kota Solok) – Dalam rangka pengendalian penyakit rabies Pemerintah Kota Solok turunkan Tim ke lapangan guna melakukan penangkapan dan eliminasi terhadap anjing liar. Kegiatan tersebut dilakukan selama 2 (dua) hari dari tanggal 13 s/d 14 September 2017, dengan wilayah operasi di Kelurahan Tanah Garam, Tanjung Paku dan Pasar Pandan Air Mati.

Kepala Dinas Pertanian Kota Solok Ir. Kusnadi, MM  saat melepas Tim eliminasi anjing liar siap turun ke lapangan, Rabu (13/09/17), megatakan,  “Kegiatan ini merupakan program Pemerintah Kota Solok dalam rangka mewujudkan Kota Solok Bebas Rabies. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat mengurangi populasi anjing liar dan menurunkan kasus gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)”, ujar Kusnadi.

Lanjut Kadis, “Ketiga kelurahan tersebut dipilih sebagai daerah operasi, berdasarkan adanya peningkatan kasus gigitan anjing liar dan permintaan dari masyarakat di kelurahan”, ungkap Kadis.

Hasil operasi kali ini, di Kelurahan Tanah Garam berhasil ditangkap sebanyak 44 ekor anjing; 7 ekor di lepas kembali dan 37 ekor dieuthanasi. Sedangkan untuk Kel. PPA dan Tj. Paku berhasil di tangkap sebanyak 38 ekor anjing; 6 ekor di lepas kembali dan 32 ekor di euthanasi.

HPR yang telah ditangkap dan ternyata ada pemiliknya di lepas kembali, sedangkan yang benar-benar dinyatakan tidak berpemilik  dieuthanasi dan dikuburkan, Total HPR yang dieuthanasi dan dikuburkan ada sebanyak 69 ekor. (LM)

%d blogger menyukai ini: