Pemilihan Media Tradisional Terbaik Tingkat Sumbar Digelar

Padang, (InfoPublikSolok) – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat menggelar Lomba Pemilihan Media Tradisional (Metra) Terbaik Tingkat Sumatera Barat Tahun 2018 yang berlangsung di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (6/9).

Perlombaan Media Tradisional Terbaik ini diikuti oleh kabupaten/kota yang sebelumnya telah diseleksi oleh dewan juri pemilihan melalui rekaman video yang telah dikirimkan dari setiap daerah. Dari total 12 video penampilan yang masuk ke panitia seleksi akhirnya ditetapkan 5 (lima) daerah peserta pada Grand Final pemilihan Metra terbaik Tingkat Sumatera Barat, yakni Metra dari Kota Padang, Kota Solok, Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi serta dari Kabupaten Sijunjung.

Pemenang pertama dari pemilihan ini akan mewakili Provinsi Sumatera Barat ke ajang Pemilihan Media Tradisonal Tingkat Nasional pada bulan November 2018 mendatang di Provinsi Banten.

Pemilihan Media Tradisional Terbaik merupakan ajang tahunan yang mempertemukan Sanggar Kesenian di Sumatera Barat dalam menampilkan kesenian pertunjukan khas tradisi daerah yg memadukan kesenian musik, tari, drama serta memiliki alur cerita yang menyampaiankan pesan bagi khalayak dalam setiap pertunjukannya. Pada Ajang Pemilihan Metra Tahun 2018 ini, tema yang diangkat adalah Revolusi Mental.

Keberhasilan Sanggar Kesenian Gombang Alam dari Kota Solok menembus 5 besar pada grand final semakin memperlihatkan bahwa perwakilan dari Kota Beras Serambi Madinah ini tidak bisa dipandang sebelah mata oleh kompetitor pada Tingkat Provinsi. Pada Tahun 2016 lalu, Tim Metra Kota Solok berhasil melaju hingga Tingkat Nasional dan meraih predikat terbaik I tingkat Nasional mewakili Provinsi Sumatera Barat. Sementara tahun 2017 yang lalu, melalui perwakilan Kota Solok mendapatkan Juara II di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Acara dibuka Gubernur Sumatera Barat diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan Drs. Ahmad Yani. MM, dihadiri Ketua Forum Komunikasi Metra Provinsi Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno yang juga langsung bertindak sebagai dewan juri, didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumbar serta para Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota dan undangan lain yang ikut menyaksikan secara langsung perhelatan kesenian daerah dari setiap perwakilan.

Kepala Dinas Kominfo Kota Solok Zulfadli, SH. M.Si yang ikut menyaksikan penampilan mengakui cukup puas atas penampilan Sanggar Gombang Alam, tinggal lagi hasil penilaian dari Dewan Juri, yang penting kita sudah tampil maksimal,” ujarnya optimis. (re)