Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Solok – Sebanyak 40 orang peserta yang merupakan pelajar SMA/SMK sederajat di Kota Solok diberikan pengarahan dalam rangkaian kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas Tingkat Kota Tahun 2018 di Aula Dinas Perhubungan Kota Solok, Rabu (1/8).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Solok Asril. Dalam kegiatan tersebut para calon Pelajar Pelopor diberikan pembekalan tentang keselamatan berlalu lintas dengan narasumber dari Satlantas Polres Solok Kota, Jasa Raharja, Dinas Kesehatan Kota Solok dan Dinas Pendidikan Kota Solok. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari (1 s/d 2 Agustus 2018).

Kepala Seksi Keselamatan Jalan Dishub Kota Solok Yoni Syafrizal mengatakan pembekalan bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada para pelajar SMA/SMK di Kota Solok dalam hal keselamatan berlalu lintas. Pelajar pelopor akan dipilih 2 yang terbaik, nantinya akan di kirim ke tingkat di Provinsi Sumatera Barat mewakili Kota Solok.

“Sering sekali kita lihat para pelajar mengendarai kendaraan roda dua tanpa menggunakan helm. Kami berharap setelah diberikan materi tentang keselamatan berlalu lintas dengan dari masing-masing pemateri mereka dapat memberikan dan menyampaikan kembali kepada teman- teman disekolah, sanak saudara dan masyarakat disekitar mereka,” harap Yoni.

Para calon Pelajar Pelopor mendapatkan pengetahuan tentang UU No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, persyaratan pembuatan SIM dan tata cara berlalu lintas di jalan dari SatLantas Polres Solok Kota. Materi tentang pertolongan pertama pada korban kecelakaan disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kota Solok.

Narasumber dari Jasa Raharja menyampaikan materi terkait asuransi yang didapat oleh korban kecelakaan dan persyaratannya serta tentang keselamatan berlalu lintas di jalan. Hal-hal terkait peran pendidikan dan empati terhadap sesama dalam berlalu lintas, pembuatan materi karya ilmiah dan tata cara penyampaian materi di depan umum disampaikan oleh Dinas Pendidikan. (fw)

Tags: , , , , , ,