Pemuda Koto Panjang Sukses Gelar Basitajik 2018

Pemuda Koto Panjang Sukses Gelar Basitajik 2018

Solok, (InfoPublikSolok) – Pemuda Kelurahan Koto Panjang kembali sukses menggelar Lomba Pacu Rakik dan Pacu Benen di Sungai Batang Lembang Rabu, (29/8/18). Kegiatan ini berlangsung dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73 yang dibuka Asisten III, Muhammad, mewakili Wali Kota Solok, turut dihadiri ketua GOW Kota Solok, Niniak Mamak dan Bundo Kanduang serta unsur Forkopimda ini disaksikan antusias ratusan pengunjung yang hadir.

Penyelenggaraan alek anak nagari Pacu Rakik dan Benen yang dihelat untuk ketiga kalinya ini merupakan hasil kerja sama Pemuda Kelurahan Koto Panjang dengan Dinas Pariwisata Kota Solok dengan tema Basitajik Pacu Rakik dan Benen Tahun 2018.

Basitajik Pacu rakit ini adalah sebuah perlombaan tradisional, yang sarananya dari kumpulan bambu yang disatukan membentuk sebuah Rakit atau perahu. Rakit ini dahulunya dipakai oleh masyarakat untuk menyeberangi sungai. Bahkan ada yang menggunakan rakit untuk mengangkut hasil pertanian. Kegiatan ini juga diramaikan dengan bazar pameran industri kreatif binaan Dinas Perdagangan dan UMKM Kota Solok.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Elvi Basri menyebutkan, event alek anak nagari ‘Basitajik’ ini merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh pemuda, LPMK dan masyarakat Kelurahan Koto Panjang. Pada event sebelumnya, kegiatan ini diadakan oleh masyarakat Kelurahan Koto Panjang secara mandiri. Namun, pada tahun ini Pemerintah Kota Solok ikut membantu menyukseskan kegiatan ini.

Pembukaan ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Asisten III dengan pelepasan ronde pertama dari tim Dinas PM-PTSP, Security Pasar Raya Solok dan Dinas Perhubungan selanjutnya diikuti masing-masing utusan dari Kelurahan, OPD, TNI-Polri, BUMD, Ormas serta para pengunjung yang menyaksikan memberi semangat peserta untuk mencapai finis.

“Lomba mendayung rakit bambu dan benen ini harus dibudayakan dan akan dijadikan sebuah program prioritas oleh pemerintah daerah melalui dinas terkait, agar Pacu Rakik dan benen menjadi salah satu event untuk pengembangan wisata yang ada di Kota Solok, dan juga mengembangkan potensi yang ada di setiap kelurahan,” ucap Muhammad dalam sambutannya.

“Sebab itu, pada Dinas Pariwisata akan kita tambahkan anggaran untuk kegiatan ini dan perbesar nilai nominal hadiahnya dan kedepan layak untuk diangkat di tingkat Sumatera Barat,” ungkap Muhammad.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Basitajik Pacu Rakik, Afrizal Pitok didampingi ketua LPMK Koto Panjang, Adek saat berbincang dengan IPS berharap Basitajik Pacu Rakik ini dapat rutin digelar setiap tahunnya dengan dukungan semua pihak terutama Pemko Solok untuk memperkenalkan dan mengangkat alek anak nagari solok. (lk)

Tags: , , , , , , , ,