Pengelola Industri Rumah Tangga Ikuti Sosialisasi

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan Kota Solok menyelenggarakan sosialisasi dan pengendalian keamanan dan kesehatan makanan hasil produksi rumah tangga bagi pengelola Industri Rumah Tangga (IRT) se Kota Solok, bertempat di aula Dinnas Kesehatan Kota Solok, Kamis (05/7).

Acara ini dibuka langsung oleh Kasi Sumber Daya Kesehata, Ns. Silvia Yuniwarti, S.Kep. dan sekaligus sebagai narasumber yang diikuti sebanyak 20 orang peserta yang merupakan pengelola industri rumah tangga se Kota Solok.

Kasi Sumber Daya Kesehata dalam sambutannya menjelaskan Sosialisasi ini bertujuan memberdayakan pengelola IRT untuk menjamin pangan yang aman dan sehat ditengah mansyarakat, serta meningkatkan pangan yang aman dan sehat ditengah-tengah masyarakat dan dapat mengembangkan program keamana pangan ini lebih banyak lagi.

“IRT haruslah bebas dari bahan yang mengandung zat berbahaya serta mengandung gizi yang baik karena sekarang sedang maraknya makanan yang tidak memiliki izin atau label yang jelas serta tanggal pengolahannya”, ungkap Silvia

Makan ataupun pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang pemenuhannya menjadi hak azasi setiap rakyat Indonesia. Makanan yang tidak memenuhi syarat atau tidak sehat akan mengakibatkan penyakit (Foodborne Disease).

Dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keamanan pangan melalui penyebaran informasi keamanan pangan bagi pengelola IRT. Pengelola IRT diharapkan meningkatkan perilaku untuk terbiasa berprilaku hidup bersih dan sehat. Dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan pemberdayaan konsumen dibidang makanan, tersosialisasinya program keamanan pangan yang baik, dan terberdayakannya pengelola IRT dalam penyediaan pangan yang aman dan sehat. (ig)