Pengelola Masjid dan Moshala Ikuti Sosialisasi Hygiene Sanitasi

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan Kota Solok menyelenggarakan Acara Sosialisasi Hygiene Sanitasi Tempat-tempat Umum (Masjid dan Mushala), bertempat di Sekretariat Forum Kota Sehat Komplek RS. Tumbuh Kembang Anak Jl. Jenderal Sudirman No.3 Kel. Kampung Jawa  Kec. Tanjung Harapan Kota Solok, Rabu (04/7).

Acara ini dihadiri oleh Nurmalawati, SKM. M.Si Kasi Kesehatan Lingkungan (Kesling) Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Barat dan Despa wildawati, SKM Kasi Kesling dan Kesehatan Kerja dan Olahraga (Kesjor) Dinas Kesehatan Kota Solok, beserta jajarannya diikuti 20 orang peserta yang terdiri dari pengelola mesjid dan moshala yang ada di Kota solok.

Acara ini dibuka oleh Kasi Kesling dan Kesjaor, Despa Wildawati, SKM, menyampaikan pada tempat-tempat umum biasanya memiliki  potensi sumber penyakit yang lebih banyak, terutama kondisi lingkungan yang sangat tidak terpelihara. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat kota solok tentang Hygiene sanitasi tempat- tempat umum guna terciptanya masyarakat yang sehat.

Nurmalawati, SKM. M.Si. menjelaskan tempat-tempat umum merupakan sarana/fasilitas yang dapat dipergunakan/dimanfaatkan langsung oleh masyarakat secara bersama-sama. Tempat-tempat umum sangat berpotensi sebagai tempat terjadinya penularan penyakit, penularan lingkungan, ataupun gangguan kesehatan lainnya.

“Kondisi lingkungan tempat-tempat umum yang tidak terpelihara akan menambah besarnya resiko penyebaran penyakit serta penularan lingkungan sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan dengan menerapkan sanitasi lingkungan yang baik. Masjid dan mushola merupakan fasilitas umum yang digunakan oleh masyarakat, untuk itu menjadi keharusan menjaga kebersihan dan sanitasi lingkungannya”, jelas Nurmalawati.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan nantinya masyarakat bisa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menjaga kebersihan sekitar terutama di tempat keramaian seperti mesjid dan mushola agar tidak terjadi peningkatan sumber penyakit serta masalah kesehatan lainnya. (ig)