Pengelola Parkir dan Juru Parkir Kota Solok Ikuti Sosialisasi Perparkiran

Solok (InfoPublikSolok) – Dinas Perhubungan Kota Solok melaksanakan Sosialisasi Perparkiran di tepi Jalan Umum Kota Solok yang diikuti oleh pengelola parkir dan juru parkir se-Kota Solok, bertempat di Ruang Rapat Dinas Perhubungan Kota Solok, Rabu (28/3/18).

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Solok Drs. Asril, MM., dengan narasumber Iptu Mardianto Kepala Bagian operasi Sat Lantas PolresSolok Kota , Drs. Sosiawan selaku Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bukittinggi.

Asril, Kepala Dinas Perhubungan Kota Solok menekankan ketentuan yang diatur dalam Perda Kota Solok Nomor 2 Tahun 2012. “Para juru parkir harus mengutamakan keselamatan baik pengguna jasa perparkiran maupun pengguna jalan”, kata Kadis.

Iptu Mardianto menekankan agar para juru parkir melakukan pelayanan jasa perparkiran dengan tertib dan aman serta melakukan pemungutan sesuai dengan retribusi yang telah di tentukan. “Pemungutan restribusi harus sesuai dengan aturan yang berlaku karena apabila tidak memungut sesuai dengan aturan, dapat terkena Saber Pungli. Apabila tertangkap tangan melakukan pemungutan retribusi parkir tidak sesuai ketentuan, maka resiko ditanggung sendiri”, tegas Iptu Mardianto.

Sosiawan memaparankan hal-hal yang sebagaimana mestinya yang harus dilakukan untuk menyikapi permasalahan-permasalahan yang timbul di bidang perparkiran, baik ditingkat juru parkir, pengelola maupun ditingkat pengawasan.

Kepala UPTD Terminal dan Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Solok Hendrizal, saat ditemui seusai kegiatan,  menghimbau para juru parkir untuk menggunakan rompi dan atribut lain yang telah diberikan oleh Dinas Perhubungan serta mentaati aturan, terutama masalah tarif parkir yang telah ditentukan dan tertera pada rambu yang berada di masing-masing lokasi parkir. “Rompi dan atribut  yang telah diberikan harus dipakai dilapangan, petugas harus memberikan pelayanan dan keamanan bagi pengguna jasa parkir dan menjaga arus lalu lintas dengan tertib, lancar dan selamat”, kata Hendrizal. (fw)