Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) Kota Solok Terima Bantuan Mesin Jahit

Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) Kota Solok Terima Bantuan Mesin Jahit

Solok, (InfoPublikSolok) – Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) adalah perempuan yang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, ia merupakan tulang punggung bagi keluarganya, bukan  berarti mereka single parent atau janda. Tetapi bisa saja mereka memiliki suami namun suami mereka tidak mampu memberikan nafkah diakibatkan karena sakit yang permanen seperti stroke, lumpuh dan sebagainya dan juga suami tidak bekerja atau mengganggur sehingga mereka terpaksa bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Di Kota Solok Jumlah PEKKA   2.529 Kepala Keluarga dan PEKKA miskin  1.280  Kepala Keluarga.

Untuk menindaklanjuti dari pelatihan menjahit yang telak dilaksanakan pada tanggal 19 April  sampai 3 Mei 2018 di Modiste Eka Putri Kota Solok agar langsung bisa diaplikasikan di rumah tangga, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan bantuan mesin jahit kepada PEKKA. Bantuan ini diberikan sebanyak 40 unit dan 2 Unit Mesin Obras dengan rincian  20 unit Mesin Jahit untuk kelompok Mayang Taurai Kecamatan Lubuk Sikarah dan 20 unit Mesin Jahit untuk Kelompok Sabai Nan Aluih Kecamatan Tanjung Harapan. Untuk mesin jahit diberikan 1 unit perorang sedangkan Mesin Obras 1 Unit Per Kelompok.

Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Delfianto, S.Sos didampingi oleh Kepala Kualitas Keluarga dan Kasi Pengarusutamaan Gender beserta jajarannya, Kamis (03/05).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengharapkan kepada Perempuan Kepala Keluarga Miskin penerima bantuan untuk dapat menggunakan dan memelihara mesin jahit tersebut dengan sebaik-baiknya serta dalam pemasaran hasil produksi nantinya bersainglah secara sehat jangan sampai terjadi permasalahan dan dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian bagi ibu-ibu Perempuan Kepala Keluarga Miskin di Kota Solok. (as).

Tags: , , , ,