Personil Dishubkominfo Kota Solok Dibekali Pengetahuan Navigasi Darat

Personil Dishubkominfo Kota Solok Dibekali Pengetahuan Navigasi Darat

Turuni Tebing Secata B Pd panjang

Solok, (MC Kota Solok) – Personil Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Solok dibekali Pengetahuan Navigasi Darat di Sekolah Calon Tamtama – B (Secata-B), Padang Panjang. Pembekalan pengetahuan navigasi darat ini melengkapi latihan penyelamatan korban, diskusi perundang-undangan lalu lintas dan angkutan jalan pada kegiatan pendidikan dasar pembinaan mental, fisik dan disiplin, Rabu s.d Minggu (10/6 – 14/6). Navigasi darat merupakan ilmu yang mempelajari cara seseorang menentukan suatu tempat dan memberikan bayangan medan, baik keadaan permukaan serta bentang alam dari bumi dengan bantuan minimal peta dan kompas.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, 41 personil Dishubkominfo Kota Solok ikuti pembinaan mental, fisik dan disiplin di Secata B Rindam I Bukit Barisan Padang Panjang. Selain beban dan tanggung jawab personil perhubungan di lapangan dalam pengaturan dan pengamanan lalu lintas, tugas bela Negara dan kemanusiaan merupakan kewajiban bagi personil Dishubkominfo selaku rakyat Indonesia. Pembekalan ini memberikan pemahaman pada teknik membaca peta standard TNI-AD, khususnya peta topografi.

Peta Topografi selalu dibagi dalam kotak-kotak untuk membantu menentukan posisi di peta dalam hitungan koordinat. Koordinat yang diperkenalkan oleh pelatih dari TNI AD kepada personil Dishubkominfo ialah Koordinat Grid (Grid Coordinate atau UTM). Dalam koordinat grid, kedudukan suatu titik dinyatakan dalam ukuran jarak setiap titik acuan. Sebagai informasi, untuk wilayah Indonesia, titik acuan berada di sebelah barat Jakarta (60 LU, 980 BT). Garis vertikal diberi nomor urut dari selatan ke utara, sedangkan horizontal dari barat ke timur. Sistem koordinat mengenal penomoran 4 angka, 6 angka dan 8 angka.

Pengetahuan navigasi darat diperlukan untuk usaha-usaha pencarian dan penyelamatan korban kecelakaan atau tersesat di gunung dan hutan. Personil perhubungan tak lepas dari tanggung jawab kemanusiaan, bersama-sama dengan Tim Penyelamat Kebencanaan, saat bencana terjadi atau bahkan saat perang bergejolak. Pembekalan pengetahuan navigasi darat ini dilanjutkan dengan outbound menuruni tebing dan teknik-teknik penyelamatan korban. Kegiatan seharian para personil Dishubkominfo (13/6) ditutup dengan Malam Pengantar Tugas bersama siswa Secata-B dari Satpol-PP se-Sumatera Barat dan Calon Tamtama, yang dihadiri oleh Wakil Komandan Secata B Rindam I Bukit Barisan Padang Panjang dan Kepala Dishubkominfo Kota Solok beserta rombongan. (dpki/dhani)

Tags: , , , , ,