Petugas Kesehatan Dilatih Totok Berhenti Merokok

Petugas Kesehatan Dilatih Totok Berhenti Merokok
rokok

Petugas Puskesmas Nan Balimo Foto Bersama dengan Nara Sumber – Fuad Baradja dari Komisi Pengendalian Tembakau

Solok, (MC Kota Solok) – Banyak orang kesulitan berhenti merokok karena selalu terbayang nikmatnya asap rokok. Kalau sudah begitu, pikiran harus dimanipulasi agar asap rokok tidak lagi terasa enak.

Salah satu terapi alternatif yang bisa membuat tubuh memberikan reaksi negatif terhadap rokok adalah totok rokok. Metode inilah yang dipakai Fuad Baradja dari Komisi Pengendalian Tembakau yang juga seorang mantan artis sinetron dalam membantu orang untuk berhenti merokok.

Pada prinsipnya metode ini menggunakan Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT), yang menggabungkan acupoint dengan aspek kerohanian. Berbeda dengan acupressure, pasien tidak diberi pijatan melainkan hanya ketukan (taping) pada titik-titik meridian. Aspek kerohanian diwakili dengan doa yang harus diucapkan pasien sebelum menjalani terapi. Kegiatan ini dilakukan di Puskesmas Nan Balimo pada hari rabu dan kamis tgl 4-5 Juni 2015 yang dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. H. Junaidi, M.Kes.

Ketika datang untuk diterapi, pasien diminta menyebutkan alasannya untuk berhenti merokok. Motivasi itu kemudian dikuatkan lagi oleh Fuad dengan penjelasan-penjelasan mengenai bahaya rokok dan nikotin. Terakhir sebelum masuk ke terapi inti, pasien diminta mengucapkan doa dengan bimbingan terapis.

“Doa di sini bukan semacam mantera. Intinya hanya menegaskan niat, dan menyerahkan semuanya kepada Tuhan,”

Masuk ke terapi inti, pasien akan menerima ketukan-ketukan ringan di 9 titik. Terapis akan memulainya dari titik di daerah dada, yang jika ditekan terasa lebih sakit dibandingkan tempat lain.

Berikutnya adalah ubun-ubun, titik di antara 2 mata, di bawah mata, bawah hidung, dagu, leher, bawah ketiak, dan yang terakhir dada bagian bawah di sekitar pangkal payudara.

Tidak hanya untuk berhenti merokok, Fuad juga menggunakan metode ini untuk mengatasi gangguan kesehatan yang lain. Misalnya untuk rasa sakit dan trauma fisik setelah kecelakaan.

Tujuan dari kegiatan ini diharapkan petugas kesehatan untuk dapat melakukan praktek di klinik berhenti merokok di Puskesmas Nan Balimo. (Kesehatan/Nunung)

Tags: , , ,