Pondok Pesantre Warasatul Anbiya’ Kota Solok Tuan Rumah Focus Group Discussion

Pondok Pesantre Warasatul Anbiya’ Kota Solok Tuan Rumah Focus Group Discussion

Solok, (InfoPublikSolok) – Pondok Pesantren (Pontren) Warasatul Anbiya’ yang berlokasi di Jalan Padang Ribu-ribu RT 2 RW 6 Ampang Kualo Kecamatan  Tanjung Harapan  Kota Solok, ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pendidikan Diniyah (PD) dan Pontren Bermushab II (Bermuzakarah Satu Hari Akhir Bulan).

Pertemuan dipusatkan di Mesjid Darianis Yatim Pondok Pesantren Warasatul Anbiya’ Kota Solok, Rabu (04/07). Dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Propinsi Sumatera Barat H. Hendri, Kepala Kankemenag Kota Solok H. Burhanuddin Chatib, Kasi PD Pontren/Pakis dan Pimpinan Ponpes Se Sumatera Barat  yang berjumlah 150 orang.

Dalam sambutannya Kakanwil mengatakan  keberadaan ponpes  mempunyai arti penting, karena disanalah para ulama-ulama lahir. Memasuki era globalisasi saat ini, keberadaan ponpes sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di negeri ini tentu harus dikelola (manaj) dengan lebih professional jika tidak ingin ditinggalkan masyarakat sebagai stakeholder. Arus global saat ini menjadikan dunia informasi dan pengetahuan semakin mudah diakses masyarakat.

Kakanwil menambahkan, untuk itu tidak menaruh kemungkinan ponpes yang dulu dijadikan pusat kajian keislaman dan pengamalannya sekaligus, pada saatnya menjadi tidak diminati dan ditinggalkan masyarakat sebagai pengguna jasa.

“Ponpes harus bisa menjaga kesatuan umat dengan menyerap keinginan dan kebutuhan umat saat ini.  Jangan  sampai pondok  ditinggalkan oleh umat karena tidak bisa mengikuti perkembangan zaman saat ini, tetaplah berpegang teguh dengan budaya pondok”, kata Hendri.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh  Kanwil Kemenag Propinsi Sumatera Barat  ini, dengan  Ketua Panitia Yosef Khairul Kasi PD Pontren Kanwil,  Bidang Pendidikan  Agama dan Keagamaan Islam  mengatakan,  bahwa kegiatann ini merupakan salah satu Five Innovation Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam tahun 2018. (hd).

Tags: , , , , ,