Pos UKK Bagi Pekerja Sektor Informal Resmi Beroperasi

Pos UKK Bagi Pekerja Sektor Informal Resmi Beroperasi

Solok, (InfoPublikSolok) –  Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Solok, Dinas Kesehatan Kota Solok melakukan upaya kesehatan berbasis masyarakat dengan meresmikan pengoperasian Pos Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK), bertempat di Pos UKK Harapan Bangsa, Kelurahan Pasar Pandan Air Mati (PPA), Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Selasa (25/9).

Adapun Pos UKK yang diresmikan hari ini berjumlah 4 buah Pos UKK, yakni Pos UKK Harapan Bangsa di Kelurahan PPA, Pos UKK Sarang Alang di Kelurahan Laing, Pos UKK Elok Basamo Kelurahan Aro IV Korong dan Pos UKK Wanita Sepakat Air Masin Kelurahan Tanah Garam yang kesemuanya difokuskan untuk para petani sawah.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Solok, Reinier yang berkesempatan hadir sekaligus meresmikan penggunaan Pos UKK Kota Solok bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok  dr. Ambun Kadri, Camat Tanjung Harapan, Lurah Pasar Pandan Air Mati dan Kader UKK se- Kota Solok.

Pekerja informal dengan jumlahnya yang besar dan risiko keselamatan dan kesehatan kerja yang mereka hadapi, perlu dibina dan diberikan pelayanan kesehatan, salah satunya melalui pengembangan dan pemanfaatan Pos Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK).

Pos UKK merupakan upaya kesehatan kerja bagi pekerja informal yang bersumberdaya dari, oleh dan untuk masyarakat pekerja itu sendiri. Kegiatan yang dilakukan meliputi upaya promotif, preventif dan pengobatan sederhana yang bersifat pertolongan pertama pada kecelakaan dan pertolongan pertama pada penyakit.

“Dengan adanya Pos UKK ini, mudah-mudahan tenaga kerja produktif yang ada di Kota Solok akan senantiasa sehat untuk menuju Kota Solok sehat sejahtera. Saat ini, Kota Solok akan mencoba Pos UKK di setiap kecamatan,” kata Hj. Ambun dalam laporannya saat peresmian.

Sementara itu, Wawako Reinier dalam arahannya mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya kongkrit guna memperhatikan masalah di bidang kesehatan.

“Tentunya, besar harapan kita kepada ibu-ibu kader Pos UKK Kota Solok untuk lebih cepat memberikan dan menyebarkan informasi kesehatan kepada masyarakat. Saat ini kita menyadari, informasi yang harusnya didapatkan oleh masyarakat belum sepenuhnya sampai, termasuk dibidang kesehatan. Padahal dengan kesehatan optimal seluruh kegiatan bisa dilakukan dengan baik,” ujar Reinier.

Wawako pada kesempatan itu berkenan membuka layar tanda diresmikannya secara serentak 4 Pos UKK di Kota Solok, serta menyerahkan Surat Keputusan pembentukan Pos UKK di 4 kelurahan tersebut.

Pos UKK biasanya terbentuk saat kelompok kerja membutuhkan pemecahan masalah kesehatan di kelompoknya, yang akan dibentuk di lokasi kelompok pekerja dengan jumlah minimal 10 pekerja dan maksimal 50 pekerja, serta diutamakan dari jenis pekerjaan yang sama, meliputi pos UKK nelayan, petani padi/ sawah, petani sawit/ karet/ kopi/ perkebunan, pengrajin batik/ tenun/ kayu, pengrajin makanan/ minuman, dan lain sebagainya. (dn)

Tags: , , ,