Prosesi Arak Bako Adat Solok Akan Pecahkan Rekor MURI

Prosesi Arak Bako Adat Solok Akan Pecahkan Rekor MURI

Solok, (MC Kota Solok) – Prosesi Arak Bako Adat kebanggaan Rang Solok akan memecahkan rekor MURI, hal itu tergambar persiapan yang telah dilakukan oleh panitia, dimana pagelaran budaya Adat Minangkabau itu akan diikuti 1.300 orang peserta. Pawai Baralek Gadang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-47 Kota Solok, sekaligus mengangkat Tradisi Adat dan Budaya ditengah-tengah masyarakat, pada tanggal 14 Desember 2017 mendatang.

Kabid Promosi Pariwisata dan Kebudayaan Dinas Pariwisata Kota Solok Melda Murniati,S.Pd kepada Media Center, Jumat (8/12/17) mengakui pelaksaan Arak Bako secara massal ini akan menampilkan pakaian adat yang dibawakan Bundo Kanduang se-Kota Solok yang tersebar diberbagai kelurahan, yang akan menggambarkan prosesi adat mulai kelahiran sampai kematian, semuanya akan tampil secara utuh.

Dalam Bararak itu kata Kabid Promosi para peserta akan memakai baju kuruang basiba warna hitam, merah manggis dilengkapi Takuluak kain saruang, bahkan peserta akan menjajal jarak tempuh dua kilometer itu membawa katidiang hitam, Selimut dan Nasi kunik diatas kepala.

Bila diperhatikan memang sangat melelahkan tapi sudah kebiasan bagi kaum ibu di Ranah Minang juga suatu kebanggaan terutama dalam pesta perkawinan”, ujar Milda yang juga Ketua Bundo Kandung Kota Solok.

Pada kegiatan yang sakral itu kata Melda juga menampilkan 13 prosesi Adat yang ada di Kota Solok, bagi masyarakat Kota Solok hal itu sudah biasa tapi kedepan perlu dilestarikan agar masayarakat luas mengenal lebih jauh tentang Adat istidat Budaya Kota Solok.

Kegiatan yang akan disaksikan Menteri Pariwisata, Menteri Koperasi dan UKM serta Gubernur Sumbar, Bupati/Walikota se Sumatera Barat itu ditargetkan masuk dalam Museum Rekor MURI, sebab merupakan Adat Bako Terbanyak dan terpanjang yang mencapai dua kilometer. Star akan dimulai dari depan Masjid Syura Pandan melewati Pasar Raya, Taman Syeck Kukut dan finish sekaligus panggung Utama di Simpang Denpal Kota Solok dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Untuk menyemarakan event ini juga diundang fotografer se-Sumatera Barat yang akan melaksanakan hunting foto bersama juri dan fotografer profesional seperti, Arbain Rambay, Risman Marah, Widya Sartika Amrin, dan Erison J. Kambari, “tambah Bundo yang akrap disapa. (Js).

Tags: , , , ,