Pustakawan Kota Solok Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Solok, (InfoPublikSolok) – Budiman Muslim, pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, terpilih menjadi Juara Pertama di ajang pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat tanggal 25 Juni 2018 yang lalu, bertempat di Hotel Axana Padang.

Laki-laki kelahiran, Padang 14 Januari 1984 ini terpilih sebagai Juara setelah melalui beberapa tahapan penilaian, yaitu tes kognitif, wawancara, presentasi dan karya tulis ilmiah.

Budi, sapaan akrabnya, menduduki peringkat teratas dengan nilai 82,11. “Jadilah manusia yang bermanfaat bagi orang lain dan pustakawan adalah satu dari profesi yang banyak bermanfaat bagi banyak orang” ucap Budi. Kutipan hadist Rasulullah SAW inilah yang jadi pemacu motivasi Budi dalam menjalankan perannya sebagai pustakawan.

“Alhamdulillah saya diberi kesempatan kedua kalinya untuk berkompetisi di tingkat nasional. Hal ini tidak terlepas dari bimbingan, dukungan dan doa dari semua pihak dan saya hanya bisa mengucapkan jazakumullahu khoir, hanya Allah SWT yang terbaik membalasnya,” pungkasnya.

Ketika menyampaikan harapan dan pesan, Budi meminta dukungan dan doa dari masyarakat Kota Solok agar  mendapatkan hasil terbaik di ajang Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional yang diadakan, 13 hingga 19 Agustus 2018 di Jakarta.

Predikat berprestasi nampaknya memang terus melekat dalam dirinya, Lulusan Magister Ilmu Informasi dan Perpustakaan UNPAD ini, sejak berkuliah di Diploma III Perpustakaan IAIN Imam Bonjol Padang selalu meraih predikat sangat memuaskan dalam menyelesaikan kuliahnya hingga strata 2 (S2).

Sebagai seorang pustakawan, Budi pernah meraih Juara Pertama Lomba Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Sumatera Barat Tahun 2015 dan Juara Harapan 1 Tingkat Nasional dalam lomba dan tahun yang sama.

Budi yang menjabat sebagai Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Solok ini, juga aktif dalam menulis karya ilmiah dan menjadi pembicara dalam berbagai seminar dan pelatihan kepustakawanan di Sumatera Barat. (is)