Rakor Distribusi Gas LPG 3 Kg di Kota Solok

Solok (MC Kota Solok) – Pemerintah Kota Solok gelar Rapat Koordinasi (Rakor) masalah pendistribusian gas LPG 3 kg bersama agen dan pangkalan gas LPG se-Kota Solok, di Ruang Rapat Walikota Solok, Jum’at (6/10/17). Rakor yang dipimpin  Kabag Perekonomian Ir. Deswita dan didampingi  Kabid Koperasi, KUKM dan Industri Joni Martias dihadiri Camat Tj Harapan dan Kasi Ekbang Kec Lubuk Sikarah bersama Agen dan Pangkalan Gas LPG 3 kg se-Kota Solok.

Kabag Perekonomian Ir. Deswita mengatakan, “Rakor ini diselenggarakan untuk menindaklanjuti adanya informasi yang beredar di media sosial, yang menyatakan adanya kelangkaan gas LPG 3 kg di Kota Solok, hal itu memang terbukti sebab banyak gas LPG yangsalah sasaran dan peruntukannya. Untuk itu kedepan perlu diawasi sebab agen dan pengkalan harus menjalurkan gas LPG 3 Kilogram sesuai ketentuan, juga bila ada pangkalan yang melanggar ketentuan harus ditegur serta juga akan mendapat sangsi berupa pencabutan izin. Pihak Pemerintah daerah akan melaksanakan pengawasan secara terpadu agar penyaluran gas untuk masyarakat miskin ini dapat berjalan lancar tidak lagi salah sasaran”harap Kabag Perekonomian.

Sementara Kabid Koperasi dan KUKM Joni Martias mengakui hasil  monitoring yang dilakukan Dinas Perdagangan KUKM, ditemukan adanya penyimpangan dalam pelaksanaan distribusi gas LPG 3 kg, seperti masih ada masyarakat yang mampu yang mengunakan gas LPG 3 kg, harga jual di atas het, gas dijual ke pengecer dsb”, dengan temukan itu membuat gas langka dipasaran, sebab banyak dipakai oleh masyarakat ekonomi menengah keatas,”ungkap Joni Martias.

Aturan dari Pemerintah untuk masyarakat miskin  dialokasikan maksimal 4 tabung per bulan, sedangkan usaha mikro maksimal 8 tabung per bulan, namun adakalanya membeli lebih banyak dari yang semestinya, hal itu perlu ditertibkan,”tukuk Joni. Dari data yang didapat  pendistribusian gas LPG 3 kg  sudah memprioritaskan masyarakat kurang mampu/miskin dan usaha mikro dalam mendistribusikan gas LPG 3 . (en)

%d blogger menyukai ini: