Ribuan Siswa Ikuti Pesta Demokrasi SMP Negeri 1 Solok

Ribuan Siswa Ikuti Pesta Demokrasi SMP Negeri 1 Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Ribuan siswa SMP Negeri 1 Solok menggelar Pesta Demokrasi Sekolah dalam rangka pemilihan calon Ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS) periode 2018/2019, bertempat di halaman SMP Negeri 1 Solok, Senin (27/08).

Pemilihan kali ini diikuti oleh empat pasangan kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua. Keempat calonnya yaitu, pasangan nomor urut satu Handika Rahman dan Aisyah Muthmainah, nomor urut dua Najwa Berliana Bahri dan Aswiliandini, nomor urut tiga Fauzan Alziqra dan Ricky Ipandri, nomor urut empat Cindy Puti Dewi dan Fina Ria Ananda.

Pada pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS kali ini, disediakan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yaitu di Gedung 1 dan Gedung 2 SMP Negeri 1 Solok. Masing-masing TPS terdapat 5 bilik suara dengan 2 kotak suara. Pemilih dalam pesta demokrasi sekolah tahun ini diikuti sebanyak 1.193 siswa yang sangat antusias mengikutinya rangkaian pemungutan suara tersebut.

Kegiatan pemilihan Ketua OSIS kali ini, didukung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok dalam bentuk penyediaan properti untuk pelaksanaan pemilihan seperti Bilik Suara, Kotak Suara, paku untuk mencoblos, dan Tinta.

Pemilihan Ketua OSIS secara pemilihan umum membuat siswa mengetahui tahapan pemilu yang dilaksanakan setiap lima tahunan, dimulai dari pendaftaran nama calon, seleksi, penetapan nama calon, kampanye dan debat kandidat bagi calon ketua OSIS, maka semua siswa tahu kualitas calon ketua OSIS yang akan mereka pilih. Untuk perhitungan surat suara langsung dihitung oleh Komisi Pemilihan OSIS (KPO) SMP Negeri 1 Solok.

Kepala SMP Negeri 1 Solok, Hj. Yuldarmi mengatakan “Pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilu merupakan kegiatan rutin tiap tahun di SMP Negeri 1 Solok. Tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu. Saya berharap kandidat yang bersaing dapat menerima apapun hasil yang diperoleh dan yang terpilih nantinya menjadi sosok dapat memberi contoh positif bagi teman-temannya,” harap Kepsek. (af)

Tags: , , , , ,