Ribuan Umat Muslim Penuhi Lapangan Merdeka Kota Solok

Ribuan Umat Muslim Penuhi Lapangan Merdeka Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Walikota Solok H. Zul Elfian bersama ribuan Umat Muslim Kota Solok melaksanakan Sholat Idhul Adha 1439 H di Lapangan Merdeka Kota Solok, Rabu (22/8). Sholat Hari Raya Idul Adha 1439 H diimami oleh Imam tetap Masjid Agung Al Muhsinin H. Edwardi, dengan Khatib Ustadz Zaitul Ikhlas Saad.

Sholat Hari Raya Idul Adha ini juga diikuti oleh Wakil Walikota Solok, Forkompimda, Sekretaris Daerah Kota Solok Rusdianto, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok H. Amril, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Solok, Jefrizal, Kepala OPD di Lingkungan Pemko Solok, Tokoh Mayarakat serta Umat Muslim Kota Solok dan sekitar.

Walikota Solok dalam sambutannya menyampaikan ucapan syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. “Dengan bersyukur semoga Allah SWT menambah nikmatnya kepada kita. Barangkali ini merupakan sholat Idhul Adha terakhir yang dapat kita laksanakan,” kata Zul Elfian.

Lanjutnya, “Mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT baik secara pribadi, keluarga, masyarakta, bangsa dan negara. Semoga Kota Solok menjadi Kota Beras Serambi Madinah yang diberkahi, penduduknya sejahtera, kotanya semakin maju dan modern,” harap Wako.

Ustadz Zaitul Ikhlas Saad dalam khutbahnya mengatakankan “Perlu kita sadari bobot dan makna dari Idhul Adha bukan saja ditentukan dari ramai dan sepinya tetapi sejauh mana kita menyikapi makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah Idhul Adha,” ungkapnya.

Beribadah tidak hanya urusan mencari pahala, tetapi bagaimana kita bisa menjadi orang yang baik, benar dan jujur sehingga menjadi orang yang bermartabat. Ibadah kurban bukan hanya menyembelih hewan, tetapi merupakan simbol perjuangan, pengorbanan. Kita lihat para tokoh-tokoh pejuang kita dulu selama 3,5 abad berjuang berkorban hanya dengan semangat Esa Hilang Dua Terbilang, Mati atau Merdeka.

“Betapa malunya kita kepada pendiri Republik ini, andai kata kita sekarang hanya sebatas mencari kesempatan dalam jabatan dan seenaknya merampas kekayaan negara. Ini tanggungjawab kita di hadapan Allah SWT,” tutur Ustadz Zaitul.

Ustadz Zaitul  menegaskan “Melalui Idul Adha ini, kita pertahankan integritas dan jati diri kita kepada Allah SWT dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Apapun profesi kita, kalau Tuhan dihadirkan maka seluruh penegak hukum di Republik ini tidak akan mau menyelewengkan hukum, politisi tidak akan mau menjadikan politik sebagai alat untuk mendapatkan kekuasaan, pelaku-pelaku ekonomi dan pengusaha tidak akan mau merusak alam, mengeruk kekayaan bumi dengan semena-mena, pedagang-pedagang dipasar tidak akan mau macam-macam,” tegas Ustadz Zaitul mengakhiri.

Usai Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1439 H,  Walikota Solok dan Wakil Walikota Solok Menggelar Open House di kediaman masing-masing bagi masyarakat maupun pejabat di Lingkungan Pemko Solok. (eg)

Tags: , , , , , , ,