Sambut 1 Muharram 1440 H, Dispora Gelar Jambore Pemuda Islam

Sambut 1 Muharram 1440 H, Dispora Gelar Jambore Pemuda Islam

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, Pemko Solok melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok mengadakan Jambore Pemuda Islam selama 3 hari, 9-11 September 2018 di Sport Hall Tanjung Paku. Kegiatan jambore ini merupakan kali pertama diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga.

Jambore diikuti oleh 130 orang peserta yang terdiri dari perwakilan 10 orang pemuda-pemudi/ Ikatan Remaja Mesjid setiap kelurahan di Kota Solok. Seluruh peserta bermalam di Sport Hall Tanjung Paku dengan memasang tenda yang telah disiapkan oleh panitia Jambore. Jambore ini mengakat tema “Membentuk Generasi Milenial, Beriman, Terampil dan Kreatif”. Acara dibuka secara langsung oleh Walikota Solok, Zul Elfian didampingi, Asisten, Pimpinan OPD, Ketua LKAAM dan Ketua Bundo Kanduang selepas magrib, Minggu (9/9).

Dalam sambutannya Walikota Solok berpesan agar pemuda-pemudi islami harus berfikir maju kedepan dan menjauhi pengaruh negatif yang akan merusak, salah satunya bahaya laten narkoba untuk menghadapi perkembangan zaman yang terus berubah setiap saat.

“Kami berharap pemuda-pemudi yang islami di Kota Solok dapat berfikir lebih maju lagi dan tidak kalah dengan daerah lain. Sebagai pemuda yang berfikir luas dan inovatif hendaknya jauhilah dari pemakaian narkoba. Pengaruh teknologi juga sangat perlu diperhatikan. Karena teknologi itu memiliki dua mata sisi yang berbeda,” harap Walikota.

Lebih lanjut Zul Elfian berharap dengan Jambore Pemuda Islam ini pemuda-pemuda islami kelak dapat berperan positif di lingkungan masyarakat serta turut berpatisipasi mendukung Kota Solok sebagai Kota Beras Serambi Madinah.

Sementara itu, Diki Asnur, M.Pdi selaku Koordinator Lapangan mengatakan setiap pemuda-pemudi yang islami harus dapat meningkatkan perannya bagi pembangunan, tidak hanya fisik tapi juga non fisik. “Dengan perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat pemuda-pemudi yang islami dituntut untuk cerdas dan kritis, terutama bijak dalam ber- Media Sosial dan mampu memanfatkannya untuk hal yang bernilai positif bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” ungkapnya.

Selepas pembukaan jambore diadakan pawai obor dan marching band diikuti seluruh peserta dengan rute yang dimulai dari Sport Hall Tanjung Paku mengitari jalan utama Kota Solok. (ep)

Tags: , , , ,